Generasi Milenial Tanggap Fintech

EKSEKUTIF.COM Terus berkembangnya teknologi yang membuat segala bidang cepat berubah, menjadi suatu sejarah perkembangan baru bagi generasi milenial.

Pada saat ini telah hadir teknologi yang mengarah pada inovasi finansial dengan sentuhan teknologi modern di bidang jasa keuangan yang bernama financial technology atau fintech, yang dapat menciptakan sistem keuangan dan penyampaian layanan keuangan lebih efisien.

Keterkaitan generasi milenial dan perkembangan fintech salah satunya dikarenakan generasi milenial merupakan generasi yang melek akan teknologi yang mampu menerima suatu inovasi teknologi finansial.

Perkembangan fintech ini ditandai dengan jumlah transaksi electronic money atau uang elektronik di Indonesia menunjukan data yang terus meningkat berdasarkan hasil statistik yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Inovasi teknologi finansial tersebut dapat menjadi manfaat terhadap masa depan jika dibarengi dengan pengetahuan, khususnya oleh generasi milenial yang merupakan penerus generasi.

Demikian kesimpulan dalam diskusi webinar Ngobrol Bareng Legislator yang diselenggarakan oleh APTIKA Kominfo dan DPR RI, dengan tema “Fintech dan Masa Depan Milenial di Era Digital”, yang diadakan di Jakarta, pada Senin (18/4). Webinar ini juga diikuti oleh ratusan peserta secara daring, melalui Zoom Virtual.

Komisi 1 DPR RI, Slamet Ariyadi, S.Psi, menjelaskan mengenai manfaat fintech bagi generasi milenial adalah menjadi salah satu media untuk bertransaksi dalam dunia digital.

“Karena secara potensial hadirnya fintech sangat berdampak positif bagi kita, khususnya generasi milenial, sebab itu mari kita gunakan teknologi ini menjadi dunia digital yang bermanfaat, karena milenial sudah saatnya untuk melek digital. Ujarnya (20/4).

Semuel A. Pangarepan, Direktur Aplikasi Informatika mengatakan, survei literasi digital nasional yang dilakukan tahun lalu, indeks literasi digital Indonesia masih 3,49 dari 5 dan masih dalam kategori sedang.

“Oleh karena itu, menjadi tugas kami secara keseluruhan untuk memberikan kompetensi digital kepada masyarakat, khususnya kaum milenial, agar dapat terus memantau percepatan transformasi digital di tingkat nasional, seperti pemanfaatan FinTech”.

Perkembangan finansial teknologi menjadi inovasi yang perlu dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan ataupun dalam mengembangkan usaha.

Digital Marketing Specialist, Gladys Dewantari mengatakan, “Sosialisasi yang dilakukan pemerintah adalah dengan mengenalkan fintech dan manfaatnya.

Selain itu, yang bisa kita lakukan dengan membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat adalah perlunya kesadaran dan sinergi kita semua untuk berani mencoba memanfaatkan fintech tersebut”.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.