Pose Asyik Yoga 2022

Yoga berasal dari suku kata yuj, dalam bahasa Sansekerta berarti menghubungkan” atau “mempersatukan“.

Secara bahasa yoga bermakna menyatu, manunggal dengan kesadaran Tuhan atau kenyataan diri sendiri.

Dengan kata lain yoga merupakan salah satu ritual yang mengantarkan seseorang pada kemanunggalan dirinya dengan sang pencipta.

Terlepas dari kontroversi apakah murni olahraga atau  mencampur adukkan gerakan yoga tenang dan khusyuk.

Stres memang seolah menjadi wabah di kalangan eksekutif perkotaan.

Itulah sebabnya, mengapa tempat-tempat relaksasi juga marak di kota-kota.

Bagi orang sibuk, relaksasi memang amat diperlukan, khususnya menyangkut penjelajahan dan pemberdayaan batin. Dan, olahraga yoga merupakan salah satunya.

Membuat rileks, yoga membuat para yogi (sebutan untuk orang yang beryoga) lebih mengenal dirinya, sehingga lebih mampu memaksimalkan potensi-potensi yang dimiliki.

TAK HANYA BATIN: Pemicu ketertarikan seseorang pada yoga beragam. Ada yang menganggapnya sebagai pengobatan alternatif, dan ada yang sekadar untuk menjaga kesehatan.

Ada pula yang hanya karena panggilan teman, ingin mencoba, dan akhirnya kecanduan.

Kini, trendnya pun kian melebar. Institusi yoga tak lagi didatangi, tetapi malah guru-guru dari sebuah institusi tersebut yang dipanggil, mendatangi para yogi.

Melakukan meditasi di sela-sela WFH  bukan sesuatu yang tak mungkin. Anda cukup menyediakan waktu sepuluh menit untuk beryoga.

Waktu tersebut cukup efektif untuk menjadi oase bagi rangkaian rutinitas Anda yang melelahkan. Berikut, sejumlah tip yang bisa Anda coba.

# Ada baiknya meditasi Anda lakukan di pagi dan sore hari. Selain tenggang masa ini sangat baik untuk bermeditasi, juga diharapkan tidak mengganggu ritme kerja Anda.

# Ciptakan suasana yang tenang dan damai. Tutup pintu rapat-rapat, dan jangan biarkan karyawan yang lain masuk selama Anda bermeditasi. Sepuluh menit, tidaklah terlalu lama untuk itu.

# Buka jendela agar sirkulasi udara berlangsung dengan baik. Ini penting, sebab inti pernapasan adalah terciptanya sirkulasi udara yang baik, entah di dalam diri maupun di luar diri.

# Biarkan suasana hening berlanjut.

# Untuk kelancaran meditasi, akses yang kemungkinan mengganggu jalannya meditasi sebaiknya ditutup. Telepon genggam, misalnya, sebaiknya dimatikan. Begitu pula dengan telepon kantor.

# Untuk hasil yang maksimal, putarlah musik-musik berirama lembut.

#Jika memungkinkan, sediakan wangi-wangian sebagai aroma terapi.

# Setelah semuanya beres, lakukan meditasi. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, seraya mengembungkan perut.

#Keluarkan napas melalui mulut tanpa harus menahannya terlebih dahulu. Sebaiknya, waktu untuk menarik napas lebih cepat atau singkat dibandingkan dengan saat membuang napas.

#Jika dalam meditasi berbagai pikiran yang lain datang, biarkan saja dan jangan melawannya. Toh, nanti akan pergi dengan sendirinya. Tetaplah menjaga konsentrasi pada alur napas Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pasang Iklan? Chat Sekarang