Begini Cara Mengelola Keuangan bagi Mahasiswa Baru

EKSEKUTIF.com Tentang Cara Mengelola Keuangan Mahasiswa Baru

Merantau untuk melanjutkan pendidikan sebuah tantangan yang harus dihadapi oleh mahasiswa baru. Urusan keuangan pun harus diperhatikan sejak awal supaya kebutuhan untuk hidup dapat terpenuhi.

Anda sebagai mahasiswa baru perlu tahu bagaimana cara untuk mengelola keuangan tiap bulannya dari kiriman orang tua. Apalagi sebelumnya Anda belum pernah hidup lepas dari orang tua. Ada beberapa tips pengelolaan keuangan yang baik untuk bisa diikuti.

Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Baru yang Baik

Mengatur keuangan bisa menjadi sulit jika Anda tidak berpengalaman. Meskipun Anda belum berpenghasilan sendiri, mengetahui cara mengelola keuangan penting demi masa depan.

Setidaknya dengan manajemen keuangan terbaik Anda bisa hidup lebih mandiri. Seperti apa manajemen keuangan yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa baru?

Anda bisa menyimaknya berikut ini.

1.     Buat Rencana Keuangan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat rencana keuangan selama satu bulan kedepan. Rencana keuangan ini diperlukan untuk memenuhi semua pengeluaran rutin setiap bulan.

Mulai dari biaya kuliah per semester, biaya akomodasi atau sewa kos dan biaya makan. Jangan lupa biaya pulsa untuk internetan dan transportasi. Dengan begitu Anda baru bisa mendapatkan sisa uang saku setelah dikurangi semua biaya pokok tersebut.

2.     Mengatur Belanja hanya Sesuai Kebutuhan

Selanjutnya adalah mengenai kebiasaan belanja yang harus dilakukan sehari-hari. Kebanyakan mahasiswa baru sulit untuk mengatur kebiasaan belanja. Keinginan untuk tampil sempurna di depan teman baru bisa jadi kebiasaan buruk yang harus dihindari.

Selalu utamakan berbelanja barang-barang yang sesuai kebutuhan bukan barang yang diinginkan. Langkah ini akan membuat Anda terhindar dari hidup boros.

3.     Menjaga Pola Makan yang Sehat

Jajan juga jadi kebiasaan yang harus diperhatikan. Berada di kota baru dengan banyak kuliner menarik bisa juga membuat Anda semakin boros. Padahal belum tentu makanan yang dibeli menyehatkan tubuh.

Tetap jaga pola makan dengan membeli makanan sehat. Jangan sampai Anda jatuh sakit yang membuat kegiatan belajar jadi terbengkalai. Makan makanan sehat juga bisa menghindari tubuh dari sakit yang akan menguras uang lebih banyak karena harus berobat.

4.     Membiasakan Diri Mencatat Pengeluaran

Kebiasaan untuk mencatat semua pengeluaran juga harus diperhatikan. Jangan sampai Anda tidak tahu kemana saja uang digunakan. Hadirnya catatan pengeluaran ini akan membuat Anda tahu apa saja kebiasaan belanja yang sebaiknya dikurangi.

Catatan ini juga jadi pengingat yang akan mengontrol pengeluaran dengan lebih teratur. Bahkan jika perlu simpan semua nota belanja setiap harinya agar tidak terlewatkan.

5.     Teliti saat Belanja Online

Kebiasaan baru seperti belanja online bagi mahasiswa baru adalah hal yang kerap kali terjadi. Bergaul dengan lebih banyak orang membuat kehidupan biasa lebih konsumtif.

Mengakali supaya Anda tidak boros saat belanja online adalah dengan lebih teliti. Seperti membandingkan harga untuk mendapatkan yang termurah. Tak hanya itu Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pinjol terbaik.

Hadirnya aplikasi pinjaman online dapat menghindari kehidupan konsumtif. Karena Anda tidak perlu berbelanja lagi sebelum pinjaman pertama lunas. Tunaiku dari Amar Bank hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam belanja.

Baik online atau offline, semua kebutuhan dapat terpenuhi. Pasalnya Tunaiku memberikan pinjaman dalam waktu singkat hanya dengan modal KTP saja. Selain itu Tunaiku juga memiliki tenor cukup panjang yakni sampai 20 juta rupiah.

Anda yang tertarik dengan pinjol terbaik Tunaiku bisa langsung menggunakannya sekarang juga. Tunaiku sudah tersedia di Play Store dan App Store, bisa Anda unduh secara gratis.

Kini Anda tidak perlu khawatir lagi soal keuangan walaupun menjadi mahasiswa baru. Banyak cara yang bisa dilakukan agar keuangan tetap sehat.

BACA JUGA: majalah eksekutif edisi Januari 2022, Klik ini

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pasang Iklan? Chat Sekarang