Akamai Akuisisi Linode untuk Menyediakan Platform Ramah Pengembang untuk Membangun, Menjalankan, dan Mengamankan Aplikasi

EKSEKUTIF.com — Akamai Technologies  telah mengumumkan bahwa pihaknya telah mengakuisisi Linode, salah satu penyedia platform infrastructure-as-a-service (IaaS) yang paling mudah digunakan dan tepercaya.

Akamai telah membahas tentang akuisisi tersebut dalam panggilan konferensi hasil keuangan Q4 dan akhir tahun 2021, pada 15 Februari 2022 waktu ET atau 16 Februari 2022 WIB.

Pengalaman digital modern, termasuk lingkungan virtual seperti metaverse, diciptakan melalui konvergensi media, hiburan, teknologi, perdagangan elektronik, layanan keuangan, dan game online.

Akamai telah menjadi mitra utama bagi para pemimpin dunia dalam industri ini selama beberapa dekade dengan mendukung dan melindungi aplikasi di multi-cloud dan multi-platform saat ini.

Bersama dengan Linode, yang telah membuat penggunaan komputasi cloud sederhana, terjangkau, dan mudah diakses oleh pengembang, Akamai akan menjadi platform komputasi paling terdistribusi di dunia, mulai dari cloud hingga edge.

“Kesempatan untuk menggabungkan kemampuan komputasi cloud ramah pengembang Linode dengan layanan keamanan dan platform edge yang unggul di pasar milik Akamai adalah transformasional bagi Akamai,” kata Dr. Tom Leighton, chief executive officer dan salah satu pendiri, Akamai Technologies, Senin ( 21/02/2022).

“Akamai telah menjadi pelopor dalam bisnis komputasi edge selama lebih dari 20 tahun, dan saat ini kami bersemangat untuk memulai babak baru dalam evolusi kami.”

“Dengan menciptakan platform cloud yang unik dalam membangun, menjalankan, dan mengamankan aplikasi mulai dari cloud hingga edge.”

“Ini sangat menguntungkan bagi pengembang yang kini dapat membangun aplikasi di sebuah platform yang memberikan skala, jangkauan, performa, keandalan, dan keamanan yang belum pernah ada sebelumnya,” tambahnya.

Sementara itu, Christopher Aker, pendiri dan chief executive officer Linode menambahkan, “Kami membangun Linode 19 tahun yang lalu untuk mendukung cloud yang lebih sederhana.”

Dan lebih mudah diakses. “Seiring waktu, kami membangun platform komputasi cloud yang dipercaya oleh pengembang dan bisnis di seluruh dunia,” masih kata Christoper.

“Saat ini, para pelanggan tersebut menghadapi tantangan baru karena layanan cloud mencakup semua hal.”

“Termasuk komputasi, penyimpanan, keamanan, dan pengiriman dari inti hingga ujung. Menyelesaikan tantangan tersebut membutuhkan integrasi dan skala yang luar biasa yang ingin disatukan oleh Akamai dan Linode bersama.”

“Ini menandai babak baru yang menarik bagi Linode dan langkah maju yang besar bagi calon pelanggan kami saat ini dan pelanggan kami di masa mendatang, ” jelasnya.

Berdasarkan ketentuan dalam kesepakatan ini, Akamai telah setuju untuk mengakuisisi semua ekuitas Perusahaan Perseroan Terbatas Linode yang telah diterbitkan senilai sekitar $900 juta, setelah memperhitungkan penyesuaian harga pembelian.

Sebagai hasil dari penataan transaksi sebagai pembelian aset, Akamai berharap dapat menghemat pajak penghasilan tunai selama 15 tahun ke depan dengan perkiraan nilai saat ini bersih sekitar $120 juta.

Transaksi ini diharapkan akan ditutup pada kuartal pertama tahun 2022 dan tunduk pada ketentuan penutupan biasa.

Untuk tahun fiskal 2022, akuisisi Linode diperkirakan akan memberikan pendapatan senilai $100 juta, dan sedikit meningkatkan EPS non-GAAP dalam rentang sekitar $0,05 hingga $0,06.

Akamai akan menyediakan detail tambahan mengenai Linode, bersama dengan hasil keuangan Q4 dan akhir tahun 2021 dan panduan setahun penuh dalam panggilan pendapatannya pada 15 Februari 2022, pukul 16.30 ET atau 16 Februari 2022 WIB.

Penasihat Transaksi

PJT Partners berperan sebagai penasihat keuangan dan WilmerHale berperan sebagai penasihat hukum untuk Akamai.

DH Capital berperan sebagai penasihat keuangan dan Latham & Watkins berperan sebagai penasihat hukum untuk Linode.

Panggilan konferensi telah dijadwalkan pada Selasa, 15 Februari 2022 waktu ET atau 16 Februari 2022 WIB. 

Akamai telah membahas tentang akuisisi Linode selama panggilan konferensi hasil keuangan Q4 dan akhir tahun 2021 pada 15 Februari 2022, pukul 16.30 waktu Bagian Timur. Panggilan juga dapat membahas panduan finansial berwawasan ke depan dari manajemen.

Penggunaan Ukuran Finansial Non-GAAP

Selain menyediakan ukuran finansial berdasarkan prinsip akuntansi yang diterima secara umum di Amerika Serikat (GAAP), Akamai memberikan metrik finansial tambahan yang tidak disiapkan sesuai GAAP (non-GAAP).

Manajemen menggunakan ukuran finansial non-GAAP, selain dari ukuran finansial GAAP, untuk memahami dan membandingkan hasil operasional dari seluruh periode akuntansi.

Juga untuk pengambilan keputusan finansial dan operasional, untuk tujuan perencanaan dan perkiraan, untuk mengukur kompensasi eksekutif, serta untuk mengevaluasi kinerja finansial Akamai.

Ukuran finansial non-GAAP yang digunakan dalam rilis ini adalah penghasilan bersih non-GAAP per laba dilusian.

Manajemen percaya bahwa ukuran finansial non-GAAP ini mencerminkan bisnis berkelanjutan Akamai dengan cara yang memungkinkan perbandingan dan analisis tren yang berarti dalam bisnis, karena membantu membandingkan hasil finansial sepanjang periode akuntansi dan dengan perusahaan sejenis.

Manajemen juga memandang bahwa ukuran finansial non-GAAP ini memungkinkan para investor mengevaluasi hasil operasional dan prospek Akamai di masa mendatang dengan cara yang sama dengan manajemen.

Metrik penghasilan bersih non-GAAP per laba dilusian mengecualikan biaya dan laba yang mungkin tidak biasa, jarang, atau tidak mencerminkan hasil operasional berjalan Akamai.

Ukuran finansial non-GAAP ini tidak menggantikan penyajian hasil finansial GAAP Akamai, dan sebaiknya hanya digunakan sebagai pelengkap, bukan pengganti, hasil finansial Akamai yang dipresentasikan sesuai GAAP.

Untuk ukuran non-GAAP historis, Akamai telah menyediakan rekonsiliasi dari ukuran finansial non-GAAP yang digunakan dalam laporan finansial dan presentasi investor terhadap ukuran finansial GAAP yang paling dapat dibandingkan dengan ukuran finansial GAAP.

Rekonsiliasi ini dapat ditemukan di bawah keterangan “Rekonsiliasi Ukuran Finansial GAAP terhadap Non-GAAP” pada bagian Hubungan Investor situs web Akamai.

Akamai menyediakan pernyataan berwawasan ke depan dalam bentuk panduan dan bentuk ekspektasi lainnya mengenai kinerja di masa mendatang.

Pernyataan yang berwawasan ke depan ini disediakan berdasarkan non-GAAP dan tidak dapat direkonsiliasi dengan ukuran GAAP terdekat tanpa upaya tidak wajar, karena jumlah dan waktu peristiwa yang tidak mudah diprediksi yang memengaruhi item yang dikecualikan dari ukuran non-GAAP.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pasang Iklan? Chat Sekarang