Wings Group Hadir Menemani Masyarakat di Kala Suka dan Duka

 

Nama WINGS Group   dengan berbagai produk dan aktivitasnya sudah sangat familiar di masyarakat Indonesia. Betapa tidak, perusahaan fast moving consumer goods   ( FMCG ) ternama asli Indonesia  (lokal ) yang telah berusia 75 tahun ini, telah hadir dengan dengan berbagai produk  yang dibutuhkan masyarakat setiap harinya.

Tak hanya melulu soal produk FMCG nya, WINGS Group melalui Yayasan WINGS Peduli senantiasa hadir pada saat2 yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, seperti pada saat terjadi bencana, dengan program-program CSR nya.

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah konsep di mana perusahaan mengambil tanggung jawab sosial dan lingkungan di luar kepentingan finansial mereka. Konsep ini melibatkan perusahaan dalam tindakan dan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan dampak positif pada masyarakat, karyawan, lingkungan, dan pemangku kepentingan lainnya. CSR menjadi semakin penting dalam dunia bisnis modern, di mana konsumen dan masyarakat semakin sadar akan isu-isu sosial dan lingkungan.

WINGS Group, melalui Yayasan WINGS Peduli senantiasa hadir dengan cepat dan tanggap dengan program CSR nya dalam berbagai bencana yang terjadi di Indonesia seperti  bencana banjir dan longsor, gempa bumi, bencana kebakaran dan bencana lainnya.

Kehadiran Yayasan WINGS Peduli adalah salah satu bentuk tanggung jawab WINGS Group Indonesia untuk mewujudkan misinya menjadi perusahaan yang peduli dalam meningkatkan kualitas dan standar hidup masyarakat Indonesia, terutama dalam bidang lingkungan, kesehatan, pendidikan, dan tanggap bencana.

Kepedulian WINGS Group terhadap masyarakat dan lingkungannya seiring dan sejalan dengan visi WINGS, “the good things in life should be accessible for all”. WINGS Group Indonesia percaya bahwa semua produk berkualitas harus dapat dinikmati dan diakses oleh semua orang dimana saja, kapan saja, dengan harga yang terjangkau.

Yayasan WINGS Peduli adalah salah satu bentuk tanggung jawab WINGS Group Indonesia untuk mewujudkan misinya menjadi perusahaan yang peduli dalam meningkatkan kualitas dan standar hidup masyarakat Indonesia, terutama dalam bidang lingkungan, kesehatan, pendidikan, dan tanggap bencana serta  kesejahteraan masyarakat.

Berikut adalah beberapa contoh kegiatan / program CSR  yang dilakukan oleh Wings Group :

  1. Tanggap Bencana

Di bidang tanggap bencana, kehadiran WINGS Group patut diacungi jempol. Pasalnya,  hampir setiap bencana yang terjadi di tanah air Wings Group selalu hadir. Tidak hanya  peduli , akan tetapi Wings  Group selalu hadir  ‘lebih awal ‘ dan  ‘berkelanjutan’ sejak dulu. ( Penulis hanya mengulas terbatas beberapa  contoh  bencana  yang ‘masih baru’ saja ).  Contoh bencana yang  terjadi   baru – baru ini seperti bencana gempa bumi Cianjur November 2022 lalu. WINGS Peduli hadir begitu cepat, sigap dan tanggap.

“Sejak gempa terjadi pertama kali pada Senin, 21 November 2022, Yayasan WINGS Peduli secara sigap mendistribusikan bantuan untuk korban gempa bumi Cianjur berupa produk esensial, beberapa tenda makanan dan minuman cepat saji, fasilitas cuci mobil beserta petugasnya untuk membersihkan pakaian pengungsi, hingga sarana bermain anak berupa istana balon sebagai bagian dari trauma healing session,” ungkap Hanri Bunyamin selaku perwakilan Yayasan WINGS Peduli , Selasa ( 29/11/2022).

“Sebelumnya, kami turut berduka cita bagi para korban gempa bumi di Cianjur. Untuk mempercepat penanganan bagi para korban, kami langsung berkolaborasi dengan pemerintah, lembaga dan organisasi sejak informasi gempa kami dapatkan, untuk mendata kebutuhan para korban di tempat kejadian. Kami juga mengerahkan jaringan kami di distribution center Cianjur agar produk bantuan bisa segera dikirimkan,” jelas Hanri.

Oleh karenanya atas kesigapan terhadap bencana tersebut WINGS Group  melalui Yayasan WINGS Peduli akhirnya mendapat apressiasi dari pejabat setempat. Atalia ( Istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil ) mengucapkan terima kasih kepada Yayasan WINGS Peduli karena telah mendukung pemerintah dalam upaya pemulihan keadaan korban.

“Kami meyakini bahwa pemerintah tidak mampu menyelesaikan rekonstruksi ini (kondisi masyarakat) kembali seperti sediakala secara cepat. Sehingga, saya menyarankan kepada teman-teman untuk berkolaborasi dan fokus mempersiapkan bagaimana caranya keadaan kembali semula,” ungkap Atalia, Senin  ( 29/11/2022) lalu.

Aksi WINGS Group dalam dalam tanggap bencana juga ditunjukan saat bencana kebakaran terjadi di Depo BBM Plumpang  bulan Maret  lalu Yayasan WINGS Peduli secara cepat tanggap salurkan bantuan hanya sehari  setelah  peristiwa kebakaran Depo BBM.

Kejadian hari Jum’at, hari Sabtunya Yayasan WINGS Peduli memberikan  bagi korban kebakaran Depo BBM (Bahan Bakar Minyak) di Plumpang, Jakarta Utara, yang telah terjadi pada  hari Jum’at (03/03/2023 ) lalu.  Melalui kolaborasi bersama TNI dan Polri, Yayasan WINGS Peduli mendistribusikan sejumlah produk esensial dan mendirikan tenda makanan instan, yang nantinya akan disebar di beberapa titik pengungsian.

“Terima kasih Yayasan WINGS Peduli yang telah memberikan bantuan, dimana akan kami distribusikan ke beberapa dapur umum yang tersedia. Ini merupakan bencana yang tidak kita harapkan, untuk itu perlu adanya kerjasama dan kolaborasi dari semuanya, mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu proses penanganan,” ungkap Kolonel Inf. Frega Ferdinand Wenas Inkiriwang, Komandan Kodim 0502/Jakarta Utara Frega, saat menerima bantuan Yayasan Wing Peduli, Sabtu ( 04/03/2023).

Upaya kolaboratif yang Yayasan WINGS Peduli lakukan bersama pemerintah ini mendapat berbagai apresiasi, termasuk Erick Thohir, Menteri BUMN, yang turut menyambangi tenda Yayasan WINGS Peduli di salah satu posko pengungsian.

2. Kesehatan

Di bidang kesehatan, WINGS Group Indonesia berkomitmen dalam membantu pemerintah mempercepat herd immunity dengan bekerjasama dengan pemerintah maupun pihak swasta. Saat Pandemi Covid-19 ,  WINGS Group sudah aktif  dalam penanganan Pandemi Covid-19  baik di tahap emergency maupun  recovery.

Sejak awal pandemi, WINGS Group Indonesia juga telah membantu menyumbangkan sejumlah kebutuhan seperti hand sanitizer, hand wash, cairan disinfektan, deterjen, shampoo, dan makanan pokok, serta alat bantu pernapasan (ventilator) dan alat pelindung diri (APD) yang sangat dibutuhkan tenaga medis yang disalurkan langsung melalui berbagai instansi di Indonesia. WINGS Group Indonesia juga bekerja sama aktif dengan UNICEF Indonesia dalam membentuk perilaku hidup bersih sehat dan sanitasi baik bagi keluarga-keluarga di Indonesia.

3. Lingkungan

Wings Group juga aktif dalam menjalankan program yang berfokus pada perlindungan dan pelestarian lingkungan. Mereka telah melakukan upaya untuk mengurangi dampak negatif operasional perusahaan terhadap lingkungan, seperti pengelolaan limbah yang ramah lingkungan dan penggunaan sumber daya alam yang bertanggung jawab. Selain itu, Wings Group juga terlibat dalam kampanye penghijauan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar pabrik atau kantor mereka. Hal ini mencerminkan komitmen mereka terhadap pembangunan berkelanjutan dan menjaga keseimbangan ekosistem.

Berikut Contoh Beberapa Program / Kegiatan yang Pernah Dilaksanakan oleh Wings Group :

  1. Wings Group Indonesia, melalui Yayasan Wings Peduli, menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kota Surabaya mengadakan kegiatan bertajuk “Aksi Bersih Sungai Surabaya”  – ( Surabaya, 25 Maret 2022 )
  1. Wings Group Gelar Program Percepatan Program Pengelolaan Air, Sanitasi, dan Kebersihan di Aceh Lewat Kolaborasi Pentahelix (Kamis , 25/08/2022).

“Sejalan dengan filosofi kami yang meyakini bahwa the best things in life should be accessible to all, semua lapisan masyarakat memiliki hak untuk mendapat kesediaan air bersih, sanitasi aman dan layak, dan kebersihan lingkungan untuk menunjang kesehatan mereka. Sehingga lewat kolaborasi ini, kami berharap program yang dijalankan dan donasi yang disalurkan, dapat mendukung perilaku PHBS sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat yang terus menerus dilakukan,” ungkap Gabriella, Kamis ( 25/08/2022).

  1. Yayasan WING Peduli bersama  Universitas Indonesia (UI), dan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)membangun healing  garden  bernama “RSUI WINGS Garden” – Rabu ( 01/02/2023

Melatarbelakangi pembangunan “RSUI WINGS Garden”, Ricky Tjahjono perwakilan Yayasan WINGS Peduli mengatakan, “Kami berkolaborasi dengan berbagai pihak strategis untuk menghadirkan sarana penunjang kualitas pelayanan kesehatan masyarakat, dalam hal ini RSUI sebagai salah satu rumah sakit yang mengusung konsep hijau.”

“Di samping itu, inovasi “RSUI WINGS Garden” ini juga diharapkan dapat mendukung fasilitas belajar bagi dokter dan akademisi yang terasosiasi dengan salah satu universitas terbesar di Indonesia, yakni UI,” tutur Ricky , Rabu ( 01/02/2023).

4. Yayasan WINGS Peduli Luncurkan Kampanye #PilahdariSekarang  untuk Kurangi Penumpukan Sampah  Lebih Banyak Kedepan.– Senin ( 13/03/2023)

Sheila Kansil, perwakilan Yayasan WINGS Peduli menuturkan pentingnya edukasi dan kolaborasi untuk meningkatkan kesadaran mengenai pemilahan sampah.

“Kampanye #PilahdariSekarang menjadi medium kami terjun langsung ke masyarakat untuk menyosialisasikan pentingnya memilah sampah dan cara menerapkannya, untuk meningkatkan kesadaran memilah sampah dari rumah.”

“Inisiatif ini tentu akan kami lanjutkan dengan berbagai program di bidang lingkungan lainnya, sehingga dapat menjadi gerakan berkelanjutan,” ungkap Sheila Kansil, dalam keterangannya, Senin ( 13/03/2023).

  1. Yayasan WINGS Peduli Resmikan 5 Bank Sampah dan Gelar Aksi Bersih Sungai di Wilayah Cakung – Jakarta TimurSelasa ( 21/03/2023).

Sheila Kansil, Perwakilan Yayasan WINGS Peduli menyampaikan, “Peresmian Bank Sampah dan Aksi Bersih Sungai yang kami selenggarakan hari ini merupakan lanjutan dari rangkaian aksi peduli lingkungan, khususnya di wilayah Cakung, Jakarta Timur.”

“Program ini terdiri dari kegiatan penyediaan sarana dan prasarana, edukasi dan sosialisasi berkala, hingga social campaign, agar dapat menjadi gerakan berkelanjutan bagi lingkungan,” ungkap Sheila. Selasa ( 21/03/2023).

Program-program tersebut hanya sebagian contoh saja , yang menunjukan betapa kepedulian Wings Group terhadap masalah lingkungan. Begitu jaga tidak semua bidang yang menjadi cakupan Yayasan Wings Peduli ( bidang lingkungan, kesehatan, pendidikan, dan tanggap bencana serta  kesejahteraan masyarakat ) diulas semua.

Program CSR  Wings Group Mendapat Apressiasi dari Pemerintah

Wings Group melalui  Yayasan Wings Peduli telah banyak melakukan program-program atau kegiatan yang banyak dirasakan oleh  masyarakat baik langsung atau tidak langsung. Oleh karenanya hal itu patut diapressiasi baik oleh masyarakat ataupun pemerintah.

Atas kepedulianya tersebut  Wings Group akhirnya mendapat banyak apressiasi dari pemerintah. Aksinya di bencana gempa bumi Cianjur mendapat apressiasi dari pejabat setempat,dan pemerintah pusat.

“Kami meyakini bahwa pemerintah tidak mampu menyelesaikan rekonstruksi ini (kondisi masyarakat) kembali seperti sediakala secara cepat. Sehingga, saya menyarankan kepada teman-teman untuk berkolaborasi dan fokus mempersiapkan bagaimana caranya keadaan kembali semula,” ungkap Atalia ( Istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil )  , Senin  ( 29/11/2022) lalu.

Berkat komitmen, bantuan dan dedikasi yang dilakukan oleh Yayasan WINGS Peduli dalam menangani gempa bumi di Cianjur,  WINGS Peduli  mendapat penghargaan dari pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI,  Rabu ( 21/12/2022).

Tri Rismaharini selaku Menteri Sosial RI menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penanganan korban di Cianjur, termasuk Yayasan WINGS Peduli.

“Bantuan yang Yayasan WINGS Peduli berikan sudah kami rasakan sejak lama, termasuk bantuan produk untuk bencana Lombok dan Palu (2018), hingga fasilitas mobil cuci pakaian untuk bencana Semeru (2021) dan Cianjur baru-baru ini (2022).Semoga kerjasama ini bisa terus kita lanjutkan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terkena bencana,” ungkap Risma, Rabu ( 21/12/2022).

   

“ Kolaborasi bersama Yayasan WINGS Peduli telah terjalin sejak lama, tepatnya ketika dirinya menjabat sebagai Wali Kota Surabaya,” ungkap Risma

Penghargaan dari Kemensos RI  tersebut diberikan kepada tiga pemain swasta dari berbagai latar belakang, dimana Yayasan WINGS Peduli menjadi satu-satunya korporasi yang bergerak di bidang fast moving consumer good.

Meriam Katombo, Perwakilan Yayasan WINGS Peduli yang menerima penghargaan pun menyambut baik apresiasi yang diberikan Kemensos RI atas dedikasi dan pelayanan yang diberikan kepada korban bencana.

“Sebagai perusahaan yang lahir dan tumbuh bersama masyarakat Indonesia, kami turut merasakan kesedihan yang dialami saudara-saudara kita, khususnya mereka yang telah kehilangan tempat tinggal hingga orang yang disayang. Untuk itu kami menyambut baik apresiasi ini dan berharap sinergi bersama pemerintah dapat terus terjalin dengan baik hingga di masa yang akan datang, agar penanganan bencana di negeri ini bisa dijalankan dengan lebih baik dan strategis,” ungkapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pasang Iklan? Chat Sekarang