United Tractors Kembali Raih Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

 

Di penghujung tahun 2022, PT United Tractors Tbk (UT) dengan kode saham UNTR kembali meraih peringkat hijau terhadap konsistensi pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan pada program penilaian peringkat kinerja perusahaan (Proper) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan tersebut diumumkan secara hybrid, di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta Pusat, (29/12).

Penghargaan tersebut merupakan kedua kalinya pada  tahun 2022  UT  secara berturut-turut mendapatkan peringkat hijau, dalam kategori kelompok produk otomotif.

Head of Corporate Governance & Sustainability, Sara K. Loebis menegaskan bahwa apresiasi yang diraih ini semakin memotivasi UT untuk meningkatkan kinerja perusahaan dalam melakukan penerapan prinsip green industry dan memberikan dampak positif untuk masyarakat Indonesia yang sejalan dengan AHEMCE Sustainability Aspiration 2030.

“Penghargaan yang diberikan ini menjadi bukti bahwa UT memiliki komitmen yang tinggi terhadap pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat melalui implementasi ESG (Environmental, Social, and Governance). Penghargaan ini juga menjadi wujud kredibilitas perusahaan yang mendapat pengakuan dari pemerintah khususnya KLHK atas komitmen UT dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs),” ujar Sara K. Loebis, dalam keterangannya baru-baru ini.

Proper dengan peringkat hijau merupakan kriteria bagi perusahaan yang telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih baik dari yang telah disyaratkan. Persyaratan itu mencakup penerapan sistem manajemen lingkungan, upaya efisiensi energi, penurunan emisi, pemanfaatan sumber daya secara efisien, perlindungan keanekaragaman hayati, 3R limbah B3 dan limbah padat non B3, serta pemberdayaan masyarakat. Dalam hal ini, KLHK menilai UT telah melaksanakan seluruh tanggung jawab dengan baik.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin menegaskan bahwa Proper bertujuan untuk mendorong setiap aktivitas bisnis industri selalu memenuhi ketaatan peraturan lingkungan hidup sekaligus dapat menjalankan bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau.

“Saya ucapkan selamat kepada perusahaan penerima anugerah Proper, kinerja perusahaan yang menerima anugerah Proper terbukti menjadi yang terdepan dalam pengelolaan lingkungan. Para pemenang adalah inspirasi dan motivasi bagi perusahaan lain untuk melakukan hal serupa dalam rangka memuliakan Indonesia sebagai bangsa yang disegani dunia dan berhasil dalam mengelola lingkungan hidup lestari,” ujar Ma’ruf Amin, saat acara pengumuman pemenang penghargaan tersebut di Jakarta, Kamis ( 29/12/2022).

Dalam upaya mencapai peringkat hijau pada anugerah Proper, UT telah mewujudkan sejumlah inisiatif konkret dalam bidang lingkungan dan juga pemberdayaan masyarakat, salah satunya UT menghadirkan Aviary di area perkantoran Head Office UT sebagai inovasi dalam melindungi keanekaragaman hayati khususnya yang berada di area konservasi dan sebagai bentuk implementasi tujuan ke-15 dalam SDGs.

Dalam pemberdayaan masyarakat, UT melakukan inovasi transformasi digital program SOBAT (Sekolah Binaan UT) sebagai media percepatan peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan kepada kurang lebih 1.300 sekolah binaan UT yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) sehingga mampu mencetak lulusan yang berkualitas dan kompeten.

Selain itu, UT memiliki program CSR (Corporate Social Responsibility) di bidang kebencanaan bernama UTACTION. Melalui program ini, UT secara cepat tanggap  memberikan bantuan kepada masyarakat Indonesia yang terdampak bencana. Kontribusi program ini telah berlangsung di sejumlah lokasi bencana salah satunya di Lumajang, Jawa Timur pasca terjadinya bencana erupsi Gunung Semeru,  2021 silam.

Guna mempercepat kembalinya aktivitas masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat terdampak bencana, UT memberikan bantuan berupa 100 unit Hunian Sementara (Huntara) dan 1 unit Sekolah Dasar (SD) di wilayah tersebut. Kedepannya, UT akan terus berkomitmen dan mewujudkan aksi nyata dalam memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat untuk masa depan bangsa yang lebih baik.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.