Pameran SteamPunk ini diselenggarakan oleh Talenta Organizer

EKSEKUTIF.com — Beruntungnya hidup di jaman digital ini; ada mesin pencari yang mampu menjawab hampir semua pertanyaan.

Dari perangkat lunak itu saya menemukan setidaknya tiga istilah yang mencocokinya.

Pertama adalah Scrap Metal Art, yakni sebuah ekspresi unik dan mempesona yang mengubah logam bekas menjadi karya seni.

Kedua, Metal Recyle Art, yang terjemahan bebasnya adalah seni mendaur ulang menggunakan bahan logam.

Dan yang ketiga, Steampunk; sejatinya adalah subgenre dari fiksi ilmiah yang pada awalnya menciptakan kreasi baru menggunakan material yang berhubungan dengan revolusi industri.

Selanjutnya ia berkembang menjadi gerakan (seni, fashion, design dan seturutnya) yang memang pada umumnya atau paling banyak menggunakan material logam sebagai bahan utamanya.

Karya seni buatan pemuda kelahiran 19 Maret 1981 sebagai *Steampunk.*

Selain lebih mudah disebut. Aliran seni macam ini sekarang cukup dikenal.

Ada begitu banyak jenis dan kecenderungannya, namun semua cukup solutif menjawab persoalan limbah dan sampah yang kita hadapi hari ini. Ini adalah bentuk seni go green dan wajib kita dukung.

*Menarik* nya Andik ini sama sekali bukan seniman.

Ia tak pernah belajar khusus di sekolah seni. Bahkan dari data yang saya baca, dua pendidikan terakhirnya D3 dan S1 adalah bidang accounting.

Sempat nyaman bekerja dengan keahlian akademisnya di beberapa perusahaan hingga berkantor di Bank BRI.

Andik berani melepaskan zona nyamannya dengan sengaja meninggalkan pekerjaan tetapnya demi melakoni sesuatu yang menjadi passionnya; berniaga di barang antik dan membuat karya “antik” yang sangat dinikmatinya.

Andik sengaja menyatukan atau menggabungkan aneka barang temuannya (founded object) dengan mur baut. Bukan dengan teknologi las yang mestinya jauh lebih mudah. Pilihan itu dianggapnya lebih menantang.

Pilihan cerdas itu terbukti menghasilkan karya yang penuh kerumitan namun tetap enak dipandang.( “Yuswantoro Adi” Pelukis yang Menulis Seni Rupa)

Pameran dengan Tajuk SteamPunk ini diselenggarakan oleh Talenta Organizer berlangsung di Atrium Lev 4, Plaza Indonesia, Jakarta dari tanggal 1 Juli sampai dengan tanggal 23 Juli 2023, dan bisa dinikmati oleh pengunjung Plaza Indonesia secara gratis.

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pasang Iklan? Chat Sekarang