Investor BUMN China Tunjukkan Minat Kuat dalam Sektor Perhubungan Laut Indonesia

EKSEKUTIF.com –– Investor BUMN China Menunjukkan Minat Kuat dalam Sektor Perhubungan Laut Indonesia

Pada hari ini, tanggal 23 Agustus 2023, Kementerian Perhubungan menggelar pertemuan perkenalan yang bersejarah di Kementerian Perhubungan, Jl. Medan Merdeka Barat No. 8.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, yang dipimpin oleh Pelaksana Tugas (PLT) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Dr. Capt. Antoni Arif Priadi, M.Sc.

Turut hadir dalam pertemuan ini Direktur Kepelabuhanan, Muhammad Masyhud, Kasubdit Penataan Alur dan Perlintasan, Ison Hendrasto, Yunika, serta perwakilan dari Delegasi Shenzhen Port Group Co, Ltd.

Delegasi Shenzhen Port Group Co, Ltd, sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berbasis di China dan bergerak di berbagai sektor terkait pelabuhan laut, pelayaran, logistik, pembangunan kota pelabuhan terintegrasi, energi, platform keuangan industri, dan maritim, turut hadir dalam pertemuan ini.

Dalam delegasi tersebut, terdapat tokoh-tokoh penting seperti Hongbo Peng (Vice President), Dong Xiang (Chief Financial Officer Shenzhen SEZ Construction & Development Group Co. Ltd), Xu Xiongwei (Deputy Party Secretary General Manager CCCC FHDI Engineering Co. Ltd).

Hadir juga Cynthia Sun (Deputy Head of Investment and Capital Operation Department) serta Gunawan dan Ismeth Wibowo.

Shenzhen Port Group Co. Ltd, yang didirikan pada tahun 1985 di bawah naungan Pemerintah kota Shenzhen, telah membangun reputasi yang kuat dalam industri perhubungan laut dan terkait di seluruh dunia.

Dengan total aset mencapai CNY 55.2 Billion pada akhir tahun 2022, perusahaan ini menunjukkan komitmen yang mendalam dalam memajukan sektor perhubungan laut global.

Shenzhen Port Group Co. Ltd akan berkolaborasi dengan BUMN China yg lain yaitu China Harbour Engineering Co. Ltd

Salah satu poin penting dalam pertemuan tersebut adalah minat kuat dari investor BUMN China dalam berinvestasi di sektor perhubungan laut Indonesia, termasuk di Ibukota Nusantara (IKN) dan infrastruktur maritim lainnya.

Para perwakilan dari Shenzhen Port Group Co. Ltd menyampaikan niat mereka untuk mendukung pengembangan infrastruktur perhubungan laut di Indonesia.

Dalam merespon hal ini, pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyambut baik minat tersebut.

Mereka mengakui potensi kerja sama yang erat antara pihak Indonesia dan China dalam memajukan sektor perhubungan laut yang akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan konektivitas regional.

Pertemuan ini mencerminkan semangat kolaboratif dalam menghadapi tantangan global di bidang perhubungan laut dan memberikan peluang besar bagi kedua belah pihak untuk memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan.

Pertemuan hari ini sebagai tindak lanjut pertemuan bilateral Presiden Jokowi dengan Presiden China, Xi Jinping, akhir bulan Juli 2023 di Chengdu China.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.