Eaton Micro Data Center Membantu Percepat Digitalisasi TVRI

Eaton iCube 2.0 Micro Data Center memberikan solusi bagi kelancaran transformasi digital dalam kegiatan penyiaran dan produksi TVRI.

 

 

Perusahaan pengelola daya global Eaton, mengumumumkan bahwa Televisi Republik Indonesia (TVRI), lembaga penyiaran publik yang telah lama berdiri di negara yang memiliki ekonomi terbesar di Asia Tenggara, telah mengadopsi iCube 2.0 Micro Data Center (MDC) Eaton sebagai bagian dari rencana transformasi digitalnya. Digunakan di kantor pusat TVRI di Jakarta.

Eaton iCube 2.0 mendukung tujuan jangka panjang perusahaan dalam digitalisasi operasional di 29 cabang daerah, dan memberikan layanan berkualitas tinggi yang konsisten kepada pemirsa di 18.000 pulau di Indonesia.

Upaya digitalisasi terbaru TVRI merupakan bagian dari transformasi model bisnisnya yang sedang berjalan. Setelah meluncurkan layanan penyiaran digital pada tahun 2010 dan kemudian meluncurkan layanan streaming online dan video-on-demand pada tahun 2018, TVRI berupaya untuk menjadi platform yang dapat diakses kapan saja, di mana saja.

Namun, memastikan transformasi digital merata di semua cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia menjadi tantangan bagi TVRI mengingat beberapa lokasi berada di wilayah terpencil yang belum terjangkau jaringan listrik.

Eaton iCube 2.0 dirancang untuk menyediakan solusi infrastruktur data center “all-in-one” dengan semua komponen yang terintegrasi dan terkonfigurasi sebelum dikirimkan sehingga dapat dipasang di kantor pusat TVRI secara cepat. Dibekali dengan teknologi edge computing, solusi ini memberikan dukungan komputasi dan penyimpanan yang dekat dengan pusat data, meminimalkan latensi data dan mengoptimalkan bandwidth di kantor cabang TVRI di Jakarta.

Hal tersebut menghasilkan peningkatan kinerja di kantor pusat TVRI, meningkatkan respons secara real-time dan komunikasi yang cepat – kemampuan utama yang sangat penting bagi sebuah layanan penyiaran.

Ade Dianofiar, Kepala Tim Perencanaan dan Pengendalian Teknologi Informasi dan Media Baru TVRI, mengatakan, “Dengan adanya Eaton iCube 2.0, kami dapat memusatkan data kami di kantor pusat di Jakarta dan meminimalisir redudansi di seluruh cabang.

” Dianofiar juga menambahkan, “Selain itu, seiring dengan digitalisasi di setiap cabang, MDC memungkinkan studio utama TVRI memberikan dukungan yang lebih baik untuk cabang-cabang di daerah dalam menciptakan konten local,” ujar Dianofiar  , Kamis  ( 11/05/2023)

Dilengkapi dengan fitur anti-seismik, Eaton iCube 2.0 juga telah memperkuat ketahanan dan kesinambungan bisnis TVRI di tengah meningkatnya bencana alam yang dapat merusak infrastruktur daya yang ada, dan mengganggu operasional penyiaran dan produksi.

Jimmy Yam, Wakil Presiden, Asia Timur di Eaton Electrical mengatakan, “Lembaga penyiaran publik memainkan peran penting dalam menyampaikan informasi secara cepat, serta membuat konten pendidikan dan hiburan yang berkualitas. Didukung dengan Eaton iCube 2.0 MDC, perusahaan penyiaran nasional seperti TVRI memperluas misi mereka dalam memproduksi dan menghadirkan konten berkualitas tinggi serta layanan telekomunikasi di lokasi-lokasi terpencil.”

Setelah berhasil menerapkan Eaton iCube 2.0 MDC di kantor pusatnya, TVRI berencana untuk memodernisasi infrastruktur TI dan manajemen energinya yang lain, dengan menggunakan data center mikro di stasiun daerah lainnya di masa mendatang.

“Kinerja Eaton iCube 2.0 telah menempatkan kami pada posisi yang lebih baik untuk mempercepat upaya digitalisasi kami,” ujar Dianofiar.

“Kami yakin bahwa kami akan dapat memenuhi permintaan yang terus meningkat untuk konten siaran yang selalu aktif, sekaligus tetap tangguh dalam lingkungan operasional yang mudah berubah-ubah,” tegasnya,

 

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.