Danamon Umumkan Kinerja Keuangan dengan Pertumbuhan dobel-digit pada Lending & Funding pada Kuartal I Tahun 2024

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) hari ini mengumumkan pencapaian kinerja keuangan pada kuartal I tahun 2024 dengan menunjukkan kemajuan yang signifikan pada pertumbuhan lending dan funding.

Danamon mencetak Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) konsolidasi sebesar Rp831 miliar, meningkat 2% Year-on-Year (YoY). Laju kenaikan laba yang konsisten ini mencerminkan ketahanan finansial dan kekuatan strategis Danamon di tengah kondisi perekonomian yang berfluktuasi. Pendapatan Operasional Danamon tumbuh sebesar 8% YoY menjadi Rp4,7 triliun.

Sementara itu, Pre-Provisioning Operating Profit (PPOP) meningkat 14% YoY menjadi Rp2,3 triliun, hal ini menunjukkan efisiensi bank dalam mengelola operasi intinya dan memperkuat fondasinya untuk pertumbuhan investasi di masa depan.

Danamon juga membukukan rekor tertinggi dalam portofolio pinjamannya, dengan Total Kredit dan Trade Finance mencapai Rp179,7 triliun, atau meningkat sebesar 18% YoY didorong oleh pertumbuhan dari seluruh segmen bisnis. Dari sisi pendanaan, Danamon mencatatkan peningkatan total dana pihak ketiga sebesar 14% YoY menjadi Rp143,2 triliun. Meskipun pertumbuhan pendanaan beralih ke Deposito Berjangka ditengah situasi tingkat suku bunga yang lebih tinggi, Granular Funding dapat tumbuh sebesar 12% YoY.

Sejalan dengan pertumbuhan kredit, Danamon terus berupaya menjaga kualitas aset yang sehat yang tercermin pada beberapa indikator kunci meliputi: Rasio Loan at Risk (LAR) (termasuk restrukturisasi Covid-19 yang masih direlaksasi) membaik sebesar 70 basis poin (bps) YoY menjadi 12%; Rasio cakupan Non-Performing Loan (NPL) berhasil meningkat menjadi 261,8%, dari 254,2% pada tahun sebelumnya; dan Rasio NPL – gross juga membaik sebesar 20 bps YoY menjadi 2,2%.

“Pencapaian ini merupakan awal yang baik pada tahun 2024. Ke depannya, Danamon akan terus bertumbuh sebagai Financial Group bersama dengan anggota lain dari Grup MUFG untuk mendukung pertumbuhan seluruh stakeholders dan perekonomian Indonesia,” ujar Daisuke Ejima, Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk, baru-baru ini.

Tumbuh sebagai  Financial Group

Danamon akan terus bertumbuh sebagai Financial Group dan mampu mendominasi ekosistem yang menjadi target untuk mencapai pertumbuhan dobel-digit dari sisi pinjaman dan pendanaan dengan profitabilitas yang berkelanjutan. Sebagai bagian dari Grup MUFG bersama dengan Adira Finance, Home Credit Indonesia serta mitra strategis, Danamon berkomitmen untuk membantu nasabah dan mitra strategis untuk bertumbuh melalui berbagai program seperti Indonesia International Motor Show, Bridestory Market, dan Danamon Syariah Travel Fair.

Kehadiran Danamon yang signifikan pada Indonesia International Motor Show 2024, yang diadakan pada 15-25 Februari 2024 di JIExpo Jakarta, menegaskan komitmennya terhadap industri otomotif. Sebagai Official Bank Partner, Official Multifinance Partner, dan Official Trade-in Partner melalui platform seperti momobil.id dan momotor.id, Danamon bersama dengan Adira Finance dan MUFG menyediakan solusi keuangan holistik yang mencakup seluruh rantai industri otomotif. Kemitraan ini merupakan wujud dedikasi Danamon dalam memberikan nilai tambah pada setiap bagian dari financial supply chain otomotif, mulai dari hulu hingga ke hilir, guna mendukung pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Danamon juga memainkan peran penting dalam acara Bridestory Market 2024, yang melayani generasi muda emerging affluent yang merencanakan pernikahan mereka. Melalui Danamon Optimal, bank menawarkan produk dan layanan keuangan terintegrasi untuk memfasilitasi perencanaan keuangan pernikahan dan pasca-pernikahan yang komprehensif. Penawaran yang menyeluruh ini dimulai dari penyediaan layanan financial advisory untuk persiapan pernikahan hingga kebutuhan perencanaan keuangan pasca pernikahan.

Pada Maret 2024, Danamon melalui Unit Usaha Syariah (Danamon Syariah) juga berhasil menyelenggarakan Danamon Syariah Travel Fair sebagai komitmen bank untuk mendukung kebutuhan perjalanan ibadah nasabahnya. Acara yang diadakan di Gandaria City Mall, Jakarta, ini menghadirkan 14 perusahaan travel agent dan menyediakan Paket Umrah dan Haji Khusus serta berbagai acara utama dan talk show mendalam yang menghadirkan wawasan dan dukungan berharga untuk komunitas Muslim.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pasang Iklan? Chat Sekarang