Unilever Indonesia dan Dewan Masjid Indonesia Renovasi 90 Surau

EKSEKUTIF.com — PT Unilever Indonesia, Tbk. menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk program Renovasi 90 Surau atau Musala di berbagai wilayah Tanah Air. Penandatanganan MoU dilakukan jelang hari jadi Unilever Indonesia yang ke-90, sebagai bentuk syukur atas perjalanan panjang bertumbuh bersama Indonesia.

Kerja sama ini memperkuat kemitraan Unilever Indonesia dengan DMI yang telah terjalin sejak 2017, dilandasi atas persamaan tujuan untuk memajukan kualitas hidup komunitas Muslim dengan memfasilitasi tempat ibadah dan belajar agama yang lebih bersih dan nyaman. Keseluruhan kegiatan akan dijalankan secara bertahap hingga tahun depan.

Selama ratusan tahun lamanya, Surau atau Musala memiliki peran sentral bagi kehidupan masyarakat untuk saling mentransfer nilai-nilai agama, sosial dan budaya. Dari lingkungan Surau bahkan telah terlahir sederetan tokoh dan cendekiawan Muslim ternama. Maka perlu dipastikan bahwa Surau di Indonesia tetap dalam kondisi terawat dan terpelihara.

Atas kerja sama ini, Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, Ketua Umum DMI menyatakan, “Pertama saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Unilever yang selalu bekerja sama dan memberikan kontribusi dalam upaya kita semua menjaga kebersihan masjid.”

“Kerja sama ini sudah berlangsung lebih dari 6 tahun dan tentu kita sangat hargai. Di Indonesia setiap tahun masjid bertambah terus dan makin besar, makin banyak masjid dan Musala, sudah lebih dari 800 ribu mendekati 1 juta termasuk Musala yang kecil-kecil dan Surau,” ungkap Jusuf Kalla, Selasa ( 05/12/2023).

“Surau itu artinya tempat ibadah yang lebih kecil, sama seperti Musala atau istilah lainnya. Banyak Surau yang dibangun oleh masyarakat dalam kondisi yang perlu banyak peningkatan dan perbaikan. Oleh karena itu, kerja sama ini bisa menjadi contoh untuk masyarakat lainnya untuk selalu memperbaiki tempat ibadah,” lanjutnya.

Ira Noviarti, Presiden Direktur Unilever Indonesia ditemui pada saat sesi penandatananan menyampaikan, “Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kerja sama yang terjalin begitu erat dengan DMI selama ini. Insya Allah melalui program yang kami resmikan hari ini, masyarakat dapat terus berkumpul, beraktivitas dan beribadah dengan aman dan nyaman di Surau yang mereka cintai dan banggakan.”

Ira menuturkan, “Alhamdulillah, momen penandatanganan MoU ini menjadi bentuk syukur yang begitu istimewa bagi kami karena bertepatan dengan hari jadi Unilever Indonesia yang ke-90.”

“Perjalanan panjang ini menjadi landasan tekad yang lebih kuat bagi kami untuk terus menerapkan bisnis secara bertanggung jawab dan berkelanjutan agar kehadiran Unilever Indonesia terus dapat berkembang seraya memberikan manfaat positif bagi masyarakat.”

Program Renovasi 90 Surau bersama DMI ini didukung oleh lima brand Unilever Indonesia yang sangat dekat dengan keseharian masyarakat, yaitu Pepsodent, Lifebuoy, Royco, Sunsilk, dan Sunlight. Tidak hanya membantu proses renovasi, dengan kebersihan Surau yang selalu terjaga, diharapkan masyarakat akan lebih nyaman beribadah dan menimba ilmu agama, serta bisa menanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang dicontohkan di Surau.

Unilever Indonesia dan DMI telah memulai kerja sama sejak 2017 melalui program Gerakan Masjid Bersih. Dengan tujuan mendorong terciptanya masjid-masjid yang bersih dan nyaman bagi umat Muslim di seluruh Indonesia – khususnya di bulan Ramadhan – hingga kini, didukung oleh lebih dari 150.000 relawan, sebanyak 175.000 masjid di berbagai wilayah Indonesia telah menerima manfaat positif dari program ini.

Unilever Indonesia saat ini memiliki hampir 5.000 karyawan, bermitra dengan lebih dari 600 distributor dan 500.000 warung, serta 3.500.000 toko yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Unilever memiliki 43 brand yang semuanya telah mendapatkan sertifikasi halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal. 9 Pabrik yang berlokasi di Cikarang dan Rungkut juga telah menerapkan Sistem Jaminan Halal.

“Saya atas nama Unilever Indonesia mengucapkan rasa terima kasih sedalam-dalamnya pada karyawan, pemangku kepentingan, mitra, pelanggan, komunitas, dan konsumen setia Unilever Indonesia atas dukungan yang terus diberikan selama 90 tahun keberadaan kami di Tanah Air. Kami bersyukur dan berharap semoga dapat terus menjadi lebih baik dan terus bertumbuh bersama Indonesia,” pungkas Ira.

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pasang Iklan? Chat Sekarang