Pemantauan Kesiapan Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 oleh BPIP

Hari Lahir Pancasila 2024

EKSEKUTIF.com— Pemantauan Kesiapan Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 oleh BPIP

Puncak peringatan Hari Lahir Pancasila akan digelar di Lapangan Blok Rokan, Riau, Sabtu, 1 Juni 2024. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan hadir secara langsung untuk menjadi inspektur upacara.

BPIP memilih Lapangan Blok Rokan sebagai lokasi acara puncak peringatan Harlah Pancasila tahun 2024 untuk meningkatkan nasionalisme dan persatuan seluruh anak bangsa.

Blok Rokan merupakan blok minyak tersubur di Indonesia yang sejak 2021 pengelolaannya 100 persen kembali ke Ibu Pertiwi. Dari ini sini kami ingin sampaikan pesan kalau kita bersatu, kita bisa mengelola sumber daya alam yang manfaatnya untuk kesejahteraan seluruh rakyat.

Hari Lahir Pancasila 2024
Hari Lahir Pancasila 2024

Harlah Pancasila tahun ini mengusung tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.

Peserta upacara peringatan Harlah Pancasila di Blok Rokan diperkirakan sebanyak seribu orang dari unsur TNI, Polri, ASN, pegawai Pertamina Hulu Rokan, dan pelajar. Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga dijadwalkan hadir. Ketua MPR Bambang Soesatyo akan bertindak sebagai pembaca teks Pancasila.

Ketua DPR Puan Maharani akan menjadi pembaca UU 1945. Doa akan dibacakan oleh Menko PMK Muhadjir Effendy. Upacara akan melibatkan Paskibraka tingkat Nasional dan Provinsi Riau.

Dalam rangka mempersiapkan Peringatan Hari Lahir Pancasila yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2024. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Yudian Wahyudi mengikuti, gladi bersih sekaligus meninjau lokasi upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di lapangan Pancasila di Lapangan kantor Utama PT Pertamina Hulu Rokan.

Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Dr. Rima Agristina, bersama Sekretaris Utama BPIP, Tonny Agung Arifianto juga ikut melakukan pemantauan terhadap kesiapan lapangan upacara dan perangkatnya.

Hari Lahir Pancasila 2024 oleh BPIP
Hari Lahir Pancasila 2024 oleh BPIP

Pada kesempatan tersebut, Dr. Rima Agristina turut serta meninjau kesiapan lapangan upacara serta segala perlengkapan yang akan didirikan di sekitarnya. Geladi kotor persiapan upacara tersebut menjadi momen penting untuk memastikan segala hal teknis dan non-teknis dapat berjalan lancar pada hari H.

Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir juga SS Budi Raharjo, Pemimpin Redaksi Majalah MATRA yang juga Ketua Asosiasi Media Digital Indonesia, yang turut memantau gladi bersih peringatan Hari Lahir Pancasila.

Kegiatan pemantauan ini merupakan bagian dari upaya BPIP untuk memastikan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila berlangsung dengan lancar dan berkesan. Hal ini sejalan dengan komitmen BPIP dalam memperkuat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan ideologi negara yang memiliki peran penting dalam mempersatukan bangsa Indonesia.

Dr. Rima Agristina tidak hanya memastikan kesiapan fisik lapangan upacara, namun juga memberikan perhatian terhadap aspek-aspek lain yang terkait dengan kesuksesan acara tersebut, termasuk koordinasi antarpanitia, kesiapan perangkat upacara, dan pengaturan teknis lainnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila pada tahun ini dapat memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat dalam memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa. Peringatan ini juga menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan menyambut Hari Lahir Pancasila, BPIP juga telah menggelar Kirab Pancasila 2024 yang menandai semangat perjuangan dan keberagaman bangsa Indonesia. Dalam kirab yang mengesankan tersebut, bendera Merah Putih dibentangkan sepanjang 300 meter, menjadi simbol kebanggaan dan keutuhan bangsa dalam mewujudkan cita-cita Pancasila.

Dengan berbagai upaya yang terus dilakukan oleh BPIP, diharapkan semakin banyak masyarakat yang tergerak untuk menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Semua ini dilakukan demi terciptanya Indonesia yang lebih maju, adil, dan sejahtera sesuai dengan semangat proklamasi kemerdekaan.

Tentang BPIP

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) adalah lembaga yang bertugas untuk memperkuat pemahaman dan pengamalan Pancasila di tengah masyarakat. BPIP berkomitmen untuk menjaga dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan ideologi negara yang mempersatukan bangsa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pasang Iklan? Chat Sekarang