Naomi Susan,  Sukses Kembangkan Bisnis Roti di  Masa Pandemi Covid -19

 

 

Tahun 2020, menjadi tahun yang bagi banyak orang menjadi tahun yang penuh tantangan dan pengalaman yang negatif akibat adanya Pandemi Covid-19. Namun tidak demikian bagi Naomi Susan.

Tahun 2020 yang sebentar lagi akan kita tinggalkan justru  memberikan  banyak kesan positif bagi pengusaha wanita, Naomi Susan.

Setelah 10 tahun vakum dari dunia bisnis yang telah membesarkan namanya karena kesibukan sebagai istri dan ibu rumah tangga — di tahun 2020, wanita kelahiran Medan, 15 Januari 1975 ini kembali mengembangkan bisnis barunya di bidang kuliner, Inibakeryku.

Lulusan Marketing Communication dari University of Portland, Oregon, Amerika Serikat ini  mengaku merupakan sosok pengusaha yang selalu ingin membuat terobosan baru dalam menciptakan peluang usaha. Ini yang membuat konsep Inibakeryku besutannya berbeda dengan usaha bakery lain yang biasanya membawa brand sendiri. Menurut penggemar olahraga boxing ini, ia ada di belakang layar, tidak muncul dengan brand-nya sendiri. Inibakeryku malah menjadi pemasok aneka roti dengan kualitas premium ke toko roti-toko roti lain. Naomi mengatakan salah satu misi dari usaha bakery-nya ini adalah ingin membantu mereka yang ingin memiliki usaha roti tanpa harus memproduksinya sendiri.

Selain itu, Naomi juga ingin membantu toko roti yang sudah berjalan, misalkan yang membuka gerainya di mal, di mana karena pandemi Covid-19, toko roti ini menghadapi kesulitan dalam memenuhi biaya produksinya karena pengunjungnya sepi. “Seperti istilah different flowers from the same garden, banyak brand roti yang beredar namun berasal dari dapur yang sama, yaitu Inibakeryku. Jadi kami siap memasok roti yang kemudian roti ini dikemas dengan brand dan ciri khas toko roti mereka. Brand dan kemasan terserah kepada mereka, tapi produksi rotinya dari kami,” begitu kata wanita berkulit putih ini.

Lewat Inibakeryku Naomi juga ingin mencoba merealisasikan konsep bisnis mendiang pengusaha ternama Indonesia, Bob Sadino. Naomi mengaku banyak belajar dari pengusaha nyentrik ini. “Om Bob adalah mentor saya, kami bersahabat baik. Saya kagum dengan Om Bob, bisa menjadi eksportir sayur-mayur ke Jepang tanpa beliau sendiri punya lahan pertanian satu jengkal pun. Nah, lewat Inibakeryku, saya juga ingin merealisasikan konsep Om Bob dalam berbisnis. Saya memberikan kesempatan kepada pengusaha yang ingin berbisnis di bidang bakery tanpa harus memiliki satu mangkok pun tepung. Saya mensupport dengan menyediakan roti-rotinya, para pengusaha bakery ini hanya tinggal mendistribusikan dan memasarkan dengan brand mereka masing-masing. Mereka bebas memberi brand apa saja untuk produk-produk roti dari Inibakeryku,” ujar wanita yang ikut terjun langsung mengolah roti di dapur Inibakeryku ini.

Mitra Sudah Ratusan dan Diganjar Penghargaan

Naomi sadar di masa pandemi akibat Covid-19 seperti sekarang ini, banyak orang yang takut memulai usaha karena banyak masalah yang akan dihadapi seperti keahlian, permodalan, dan risiko yang akan dihadapi. “Nah di Inibakeryku semua masalah ini tidak ada, karena kamilah yang menanggungnya,” tukas istri dari dr. Yusfa Rasyid, SpOG dan ibu dari tiga putri cantik ini.

Naomi menambahkan di Inibakeryku, siapapun bisa jadi pengusaha bakery. “Ibaratnya, mereka bisa menjadi pengusaha bakerytanpa memiliki satu mangkok pun tepung. Kami lah yang memasok rotinya, mereka silakan memasarkannya. Tapi di sini mereka bukan reseller, melainkan pengusaha bakery, karena mereka memakai brand mereka sendiri. Mitra-mitra kami inilah yang membuat ide-ide kreatif di pasaran semakin berkembang,” ujar Naomi.

Tak heran, hanya dalam hitungan bulan, Naomi mengaku mitra bisnis Inibakeryku sudah mencapai ratusan orang. Sampai saat ini Inibakeryku sudah memiliki 11 dapur yang tersebar di beberapa titik di Jakarta hingga di Salatiga, Jawa Tengah. Setiap harinya ribuan roti berhasil didistribusikan kepada mitra-mitranya di Jabodetabek, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Keberhasilan Inibakeryku berkembang spesat dalam waktu singkat tentunya layak jika diganjar sebuah penghargaan.

Baru-baru Inibakeryku mendapat penghargaan Indonesia Best Choice Award 2020 dari Mediatama Award Management sebagai salah satu smart business yang berhasil berkembang pesat di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. “Ini merupakan wujud kerja keras yang sudah dilakukan tim Inibakeryku. Sudah sangat jelas kalau dilihat dari domino effectnya, kami menjadi solusi bagi teman-teman kita yang dirumahkan, yang work from home. Banyak juga perusahaan-perusahaan yang collaps akibat Covid-19 ini. Inibakeryku berhasil melahirkan pengusaha-pengusaha roti baru dan juga membantu pengusaha roti di mal-mal yang hampir gulung tikar karena biaya produksi yang tinggi tetapi daya beli masyarakat menurun,” ujar ibu dari Noni, Janee, dan Ola ini.

Tak hanya berhenti sampai di situ, kesuksesan Inibakeryku juga membuat Naomi terpilih sebagai sosok Inspiring Woman Winner 2020, yang acara penganugerahannya dilaksanakan di Trans Luxury Hotel, Bandung, pada 27 November 2020 lalu. Menurut Naomi, penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan baginya. “Prinsip saya selalu berusaha berbuat yang terbaik, termasuk di bisnis yang saya geluti. Kalau efeknya bisa menginspirasi orang lain, itu adalah bonus buat saya,” ungkap Naomi, sambil menambahkan penghargaan ini ia dedikasikan untuk mendiang ibunda tercinta yang wafat pada 24 Juni 2020 lalu.

Deposit Rp 5 Juta

Inibakeryku memang menjadi bisnis baru Naomi yang sangat menjanjikan. Hingga kini sudah ratusan mitra bergabung sebagai ujung tombak bisnisnya ini. Mengenai bagaimana cara menjadi mitra Inibakeryku, pengagum Ofrah Winfrey ini mengatakan persyaratannya tidaklah rumit. “Mereka hanya memberikan deposit Rp 5 juta,” tegas Naomi.

Jangan salah, deposit Rp 5 juta yang dimaksud Naomi bukanlah hitungan franchise fee atau apapun, melainkan lebih kepada masalah komitmen. Dan, deposit ini jumlahnya akan berkurang sesuai dengan harga roti yang mereka ambil dan harus habis dalam 3 bulan. “Tapi pada kenyataannya para mitra kami banyak yang menghabiskan deposit tersebut hanya dalam jangka waktu 1 minggu,” senyum wanita yang pernah menjadi Sales & Director Bouraq Airlines cabang Jelambar untuk charter flight ini.

Di saat banyak orang memandang pesimis kondisi pandemi akibat Covid-19 seperti sekarang ini, tidak demikian halnya dengan Naomi. Ia malah melihatnya sebagai sebuah peluang yang menantang dan ingin memberikan solusi untuk menyelamatkan perekonomian rumah tangga yang goyah selama masa pandemi ini. “Kembali lagi banyak orang takut berusaha apalagi di masa pandemi seperti ini karena banyak masalah yang akan dihadapi seperti keahlian, permodalan, dan juga risiko. Nah di Inibakeryku semua masalah ini tidak ada karena ditanggung oleh Inibakeryku. Karena kita menciptakan pengusaha bakery tanpa mereka harus memiliki modal. Mereka bisa bermain aman tanpa harus menghadapi risiko,” imbuh Naomi.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pasang Iklan? Chat Sekarang