Manfaatkan ACI Worldwide Fraud Management  – ALTO Perkenalkan Solusi Pembayaran end-to-end  untuk Meningkatkan Pengalaman Pembayaran di Indonesia

 

 ACI Worldwide , pemimpin untuk software pembayaran real-time dalam skala global, hari ini mengumumkan ALTO, interbank switch terkemuka di Indonesia, telah menambahkan fitur ACI Fraud Management, ke dalam solusi Retail Payment. Dengan penambahan baru ini, interbank switch ALTO menjadi solusi pembayaran enterprise end-to-end yang tercanggih.

ALTO mengoperasikan salah satu jaringan pembayaran dan acquiring terbesar di Indonesia dan menggunakan solusi ACI untuk switching transaksi berbasis kartu. Mereka juga mengoperasikan solusi pencegahan penipuan (fraud) kelas dunia dari ACI di semua solusi pembayaran real-time dan alternatif, serta solusi merchant acquiring seperti pembayaran real-time menggunakan kode QR: peningkatan yang tepat waktu dan hati-hati, seiring dengan diperkenalkannya BI-FAST, sistem pembayaran real-time nasional pertama di Indonesia.

Penambahan ACI Fraud Management ke dalam rangkaian solusi pembayaran lengkap ACI yang dimiliki ALTO meningkatkan keamanan, kepastian, dan resiliensi kepada para nasabah raksasa jaringan ini, serta menunjukkan komitmennya untuk memastikan solusi pembayaran real-time tersebut didukung oleh infrastruktur manajemen risiko dan fraud yang juga terbaik di kelasnya.

Di saat Indonesia berlomba menuju digitalisasi, ledakan pembayaran digital telah membuat pendeteksian fraud di lembaga keuangan menjadi semakin rumit. Semakin beragamnya jenis pembayaran, volume transaksi yang melonjak, dan kecepatan yang semakin tinggi berarti bahwa lebih banyak data yang perlu diawasi dan semakin sedikit waktu untuk melakukannya.

Pembayaran real-time adalah sesuatu yang baru dan cepat, sehingga sangat menarik bagi para penjahat. Para penipu atau fraudster secara aktif mencari cara untuk mengeksploitasi titik lemah teknologi dan layanan digital yang baru lahir, sementara kecepatan pembayaran berarti uang tunai pun lebih cepat dikeluarkan (cash out). Tantangannya adalah solusi keamanan tradisional seringkali tidak bisa menerapkan policy dalam kecepatan dan skala pembayaran real-time.

“Pembayaran real-time secara radikal mengubah cara kita memandang dan merespon kejahatan dunia maya dan penipuan keuangan. Dan ancaman yang semakin canggih membutuhkan pendekatan yang lebih modern dan proaktif,” kata Leslie Choo, Managing Director, Asia Pasifik di ACI, Kamis ( 17/03/2022).

“Ancaman real-time memerlukan data, analitik, keamanan, dan respons secara real-time juga – dan solusi inilah yang diberikan ACI kepada ALTO,” jelas Leslie Choo.

“Kemitraan dengan ACI akan membantu ALTO menavigasi lanskap pembayaran yang kian kompleks dan berubah, sekaligus mengatasi kebutuhan akan resiliensi interoperabilitas domestik dan global, yang terus bertumbuh,” tegas Choo.

ACI adalah mitra teknologi pembayaran strategis untuk ALTO dan penerapan ACI Fraud Management memperluas hubungan jangka panjang dan terpercaya antara kedua perusahaan, yang sudah berlangsung selama ini.

Kemitraan ini membantu ALTO memenuhi persyaratan peraturan yang terus berkembang, meraih pertumbuhan pembayaran-pembayaran alternatif, dan merespon terhadap perkembangan payment gateway nasional BI-FAST di pasar Indonesia. Penambahan keamanan real-time berarti ALTO juga lebih menjaga operasional serta data nasabahnya.

“Tetap riil dan relevan menjadi perhatian utama kami, mengingat kompleksitas dan kecepatan perubahan di sektor pembayaran,” kata Patricco Baron, Chief of Product and Innovation Officer, CPIO) di ALTO.

“Keamanan siber tetap menjadi investasi dan evolusi berkelanjutan karena kami ingin bisnis ini siap untuk masa depan dengan solusi terbaru dan terbaik di kelasnya, untuk memastikan kami dan para nasabah tetap terlindungi. Bersama ACI, kami ingin memastikan nasabah tetap berada di tangan yang paling aman,” tambah Baron.

Real-time rails adalah pilar utama dari inisiatif modernisasi Asia yang lebih besar di dalam perbankan dan infrastruktur sentral. Langkah ALTO menjadi inisiatif baru di Indonesia yang bertujuan untuk membuat pembayaran real-time menjadi praktik sehari-hari menyusul peluncuran BI-Fast baru-baru ini.

Indonesia menjadi negara Asia Tenggara yang baru-baru ini melakukan upgrade infrastruktur pembayaran nasional untuk mendorong ekonomi digital dan mempercepat pertumbuhan.

Ketika sistem pembayaran yang lama terus menghambat inovasi di pasar yang sudah maju, negara-negara di kawasan Asia Tenggara melakukan lompatan dengan meninggalkan teknologi-teknologi yang sudah ketinggalan zaman dan memanfaatkan infrastruktur sentral domestik yang kuat sebagai dasar untuk pembayaran digital dan lintas batas yang real time.

 

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pasang Iklan? Chat Sekarang