Konsisten Hadirkan Program CSR yang Inklusif, BCA Raih Penghargaan Gold Champion dalam BISRA Award 2022

EKSEKUTIF.com –– Komitmen PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dalam menghadirkan service excellence dan inovasi terdepan serta nilai tambah bagi masyarakat telah mengantarkan BCA dalam beberapa ajang penghargaan.

Terbaru, BCA kembali mendapatkan apresiasi atas inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) dalam ajang Bisnis Indonesia Corporate Social Responsibility Award (BISRA) 2022 yang diselenggarakan secara tahunan oleh Bisnis Indonesia. Ajang tersebut merupakan penghargaan yang diberikan kepada insan perusahaan yang memiliki inisiatif CSR mengagumkan.

Seremoni penyerahan penghargaan dilakukan oleh Presiden Direktur Bisnis Indonesia Grup Lulu Terianto dan Direktur Bisnis Indonesia Grup Chamdan Purwoko serta dihadiri oleh perwakilan BCA yaitu Vice President CSR BCA Rizali Zakaria pada Rabu (29/06).

Tahun ini, penyelenggaraan award mengusung tema Social Responsibility To Accelarate Stronger Recovery (Tanggung Jawab Sosial untuk Mengakselerasi Pemulihan yang Lebih Tangguh).

“Kami menyampaikan rasa terima kasih serta apresiasi dan dukungan yang diberikan kepada BCA untuk program CSR yang kami miliki. Sudah menjadi komitmen kami agar program CSR kami tidak hanya sekadar comply terhadap ketentuan ISO 26000 dan aspek lingkungan, tapi juga memperhatikan aspek CSV (Creating Shared Value), dan keselarasan CSR untuk mendukung bisnis perusahaan agar tumbuh berkelanjutan. Seperti yang kita ketahui bersama, peranan CSR dalam sebuah perusahaan menjadi kunci yang esensial dalam penerapan Sustainability Development Goals (SDG’s),” ujar Rizali.

Pada kesempatan tersebut  BCA mendapatkan penghargaan Gold Champion untuk kategori Perusahaan Swasta Nasional Terbuka (listed company). Adapun aspek yang dinilai dalam penjurian BISRA Award 2022 antara lain berkaitan dengan  pengembangan sosial (social development) termasuk rencana program kerja, dampak terhadap masyarakat, program keberlanjutan (sustainable program), keunikan program,  program relawan (volunteer program), penanganan kebencanaan, serta pengukuran Social Return on Investment (SROI).

BISRA Award diselenggarakan untuk mengukur perusahaan-perusahaan yang memiliki program CSR dengan embedded (komitmen), feasible (dapat dilakukan), memiliki dampak yang efektif terhadap penerima program, terukur secara Social Return of Investment (SROI), serta memiliki program yang inklusif dan berkelanjutan.

Sebagai informasi, BCA turut aktif mendukung upaya pemerintah menanggulangi pandemi, serta senantiasa memprioritaskan keselamatan karyawan dan nasabah. BCA menyesuaikan kebijakan work from home dan mempromosikan “Banking from Home”.

BCA juga melaksanakan program Vaksinasi Gotong Royong bagi karyawan, serta menghadirkan sentra vaksinasi bagi masyarakat di berbagai wilayah melalui kolaborasi dengan pemerintah dan otoritas terkait.

Hingga Maret 2022, BCA telah membantu mendistribusikan vaksin untuk lebih dari lebih dari 300.000 penerima, baik untuk karyawan, keluarga maupun masyarakat umum. Terbaru, BCA juga mengadakan kampanye “BCA Go Bi6 5tep,” dalam gerakan penanaman pohon di berbagai daerah dengan mengajak 25 ribu karyawan BCA di 12 Wilayah dan Kantor Pusat untuk melakukan “virtual walk” dengan nama Walk for Tree demi aksi penyelamatan bumi.

“BCA senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan nilai tambah bagi seluruh masyarakat Indonesia dengan menghadirkan berbagai inisiasi program CSR yang berkelanjutan. Semoga kehadiran penghargaan ini dapat memotivasi kami untuk menciptakan program unggulan dan bermanfaat bagi banyak pihak ke depannya,” tutup Inge Setiawati selaku EVP CSR BCA.

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.