PREMIUM KONTEN

Internet Society Anugerahkan Award ke Onno Purbo

Jonathan B. Postel Service

MAJALAH EKSEKUTIF - terbit sejak 1979 -

EKSEKUTIF.com The Internet Society organisasi nirlabal global yang mempromosikan pengembangan dan penggunaan Internet yang terbuka, terkoneksi secara global dan aman, hari ini menganugerahkan penghargaan bergengsi Jonathan B. Postel Service Award  kepada Onno W. Purbo.

Atas kontribusi teknis, kepemimpinan dan pengabdiannya yang luar biasa dan terus-menerus bagi komunitas Internet global.

Penghargaan tersebut merupakan penghormatan bagi pemimpin visioner yang memperluas akses Internet di Indonesia.

Penghargaan yang namanya merupakan penghormatan kepada tokoh legendaris komunitas teknis Jonathan Postel.

Postel Service Award ini merupakan pengakuan terhadap tokoh luar biasa seperti Onno W. Purbo yang sangat komit terhadap pengembangan, pertumbuhan dan kekuatan Internet.

Onno dikenal sebagai “Tokoh Pembebasan Internet Indonesia”.   Onno merupakan advokat Internet yang produktif dan mendapat publikasi luas.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Republik Indonesia, Johnny Plate, Pak Onno memainkan peran kunci dalam demokratisasi akses Internet, sehingga Internet menjadi lebih terjangkau terutama di kawasan-kawasan pedesaan Indonesia

“Kontribusi Pak Onno terhadap sektor digital tidak ternilai harganya dan penghargaan ini menandai prestasi yang telah diraihnya dan menginspirasi orang lain untuk juga meraih prestasi serupa,“ ujar Johnny Plate, dalam keterangannya, Rabu ( 18/11/2020).

Gagasan akses Internet dan Jaringan Komunitas bermanfaat yang diusungnya telah mendorong pertumbuhan tidak hanya Internet yang lebih terjangkau tapi juga dapat diakses di berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

“Saya yakin penghargaan ini akan menguatkan tekad masyarakat Indonesia lain untuk berinovasi dan mengikuti langkah beliau untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi berbagai komunitas terutama dalam meningkatkan digitalisasi,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika, Republik Indonesia.

Dari sekian banyak prestasi yang diraihnya, Pak Onno paling dikenal karena merintis Internet di Indonesia melalui penggunaan teknologi nirkabel dan Voice over Internet Protocol secara canggih.

Beliau merintis koneksi Internet pertama di Institut Teknologi Bandung dan menggunakannya untuk membangun jaringan pendidikan pertama di Indonesia.

Beliau juga menjadi salah satu penggagas deregulasi frekuensi Wi-Fi dan memperkenalkan warung Internet (warnet), jaringan RT-RW-Net dan jaringan selular komunitas  di Indonesia.

Pak Onno menggelar jaringan telephony over Internet pertama dan memimpin diperkenalkan kembalinya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam kurikulum sekolah menengah atas.

Saat ini beliau terlibat dalam layanan e-Learning GRATIS terbesar di Indonesia yang telah menggelar lebih dari 700 kursus untuk hampir 40.000 peserta dan melatih lebih dari 8000 tenaga pengajar mengenai pengoperasian e-learning.

“Merupakan sebuah kehormatan bagi saya bisa menerima penghargaan tertinggi dan tidak ternilai harganya dari komunitas Internet untuk Indonesia,” kata Pak Onno.

“Dengan gadget dan perangkat sederhana yang ada di pasaran, seseorang dapat memenuhi hak untuk mengakses informasi dan pengetahuan, yang merupakan pondasi penting bagi setiap negara untuk meraih kemajuan,” ujar Onno.

“Internet Society telah mengakui pendekatan ini sebagai salah satu jalur yang tepat menuju Internet untuk semua. Pekerjaan ini belum selesai. Postel Service Award memberi panduan mengenai jalan yang harus kita lalui dan menginspirasi antusiasme yang luar biasa untuk melangkah ke depan menuju masyarakat berbasis pengetehuan,” jelas Onno.

Pak Onno dipilih melalui seleksi oleh komite internasional yang sangat kompeten, terdiri dari para pemenang Jonathan B. Postel award sebelumnya, yang meliputi para visioner dan tokoh Internet.

Memasuki usia 21 tahun, Postel Award didirikan pada 1999 oleh Internet Society untuk memberi penghargaan kepada individu dan organisasi yang karya mereka mencerminkan semangat Jonathan Postel, yang pengaruhnya di bidang teknis dapat ditemukan di inti banyak protokol yang menggerakan Internet.

Andrew Sullivan, President dan CEO Internet Society, akan menyerahkan penghargaan ini, yang meliputi honorarium sebesar US$20.000 dan replika bola dunia berukir, pada upacara virtual sebagai bagian dari  109th Internet Engineering Task Force (IETF) Meeting yang digelar pada 16-20 November 2020.

baca juga:  Onno Purbo Raih Anugerah Tertinggi Dunia Bidang Internet 

 

Onno Purbo Raih Anugerah Tertinggi Dunia Bidang Internet

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.