Cisco akan Akuisisi Splunk, untuk Membantu Organisasi Menjadi Lebih Aman dan Tangguh di Era AI

 

Cisco dan Splunk , pemimpin dalam bidang keamanan siber dan pengamatan, hari ini mengumumkan perjanjian definitif, dimana Cisco akan mengakuisisi Splunk senilai US$157 per lembar saham tunai, setara dengan ekuitas senilai US$28 miliar. Setelah akuisisi rampung, Presiden dan CEO Splunk, Gary Steele, akan bergabung dengan Executive Leadership Team Cisco di bawah pimpinan Chuck Robbins, Chairman dan CEO.

Akuisisi ini dibangun di atas warisan Splunk dalam membantu organisasi meningkatkan ketahanan digital mereka dan akan mempercepat strategi Cisco untuk menghubungkan segala sesuatu dengan aman untuk membuat segalanya menjadi mungkin. Kombinasi dari dua pemimpin yang sudah mapan dalam bidang AI, keamanan, dan kemampuan pengamatan ini akan membantu organisasi menjadi lebih aman dan tangguh.

“Kami sangat senang bisa menyatukan Cisco dan Splunk. Kemampuan gabungan kami akan mendorong keamanan dan kemampuan pengamatan berbasis AI generasi berikutnya,” kata Chuck Robbins, Chairman dan CEO Cisco, Jum’at  ( 22/09/2023).

“Dari deteksi dan respons ancaman hingga prediksi dan pencegahan ancaman, kami akan membantu organisasi dari segala ukuran untuk menjadi lebih aman dan tangguh,” jelasnya,

“Bersatu dengan Cisco merupakan fase berikutnya dalam proses pertumbuhan Splunk, mempercepat misi kami untuk membantu organisasi di seluruh dunia menjadi lebih tangguh, sekaligus memberikan nilai yang menarik bagi para pemegang saham kami,” ujar Gary Steele, presiden dan CEO Splunk.

“Bersama-sama, kami akan membentuk pemimpin keamanan dan pengamatan global yang memanfaatkan kekuatan data dan AI untuk memberikan outcome yang sangat baik bagi pelanggan serta mentransformasi industri ini. Kami sangat senang dapat bergabung dengan mitra lama dan tepercaya yang memiliki semangat yang sama dengan kami dalam hal inovasi dan pengalaman pelanggan kelas dunia, dan kami berharap karyawan Splunk akan mendapatkan manfaat dari peluang yang lebih besar karena kami menyatukan dua organisasi yang saling menghargai dan memiliki tujuan yang sama,” imbuh Steele.

Di dunia yang sangat terhubung saat ini, data ada di mana-mana, dan setiap organisasi mengandalkan data untuk menjalankan bisnis mereka dan membuat keputusan penting setiap hari. Dengan memperhitungkan percepatan dan adopsi AI generatif, perluasan permukaan ancaman, dan berbagai lingkungan cloud, hal ini menciptakan tingkat kerumitan yang tidak seperti yang pernah dihadapi oleh organisasi. Perusahaan membutuhkan cara yang lebih baik untuk mengelola, melindungi, dan membuka nilai data yang sebenarnya dan tetap tangguh secara digital.

Cisco dan Splunk akan bersama-sama menjawab tantangan-tantangan ini secara langsung.

Kombinasi dari dua pemimpin yang sudah mapan dengan kemampuan yang saling melengkapi dalam hal AI, keamanan, dan kemampuan pengamatan, akan membuka nilai data yang sebenarnya dan akan membantu organisasi dari semua ukuran menjadi lebih aman dan tangguh secara digital.

Secara khusus, kemampuan keamanan Splunk melengkapi portofolio Cisco yang sudah ada, dan bersama-sama, akan memberikan analitik keamanan dan coverage terdepan dari perangkat ke aplikasi ke cloud.

Kemampuan Cisco dan Splunk yang saling melengkapi akan memberikan kemampuan pengamatan di seluruh lingkungan hybrid dan multi-cloud, yang memungkinkan pelanggan perusahaan untuk memberikan pengalaman aplikasi yang lancar dan mendukung bisnis digital mereka. Cisco dan Splunk berada di posisi yang tepat untuk membantu pelanggan secara bertanggung jawab memanfaatkan kekuatan AI mengingat skalanya yang besar, visibilitas ke dalam data, dan fondasi kepercayaan.

Penyatuan kedua perusahaan ini akan memungkinkan investasi yang lebih besar dalam solusi-solusi baru, mempercepat inovasi, dan meningkatkan skala global untuk mendukung kebutuhan pelanggan dari semua ukuran.

Akuisisi Cisco terhadap Splunk juga akan membangun reputasi kedua perusahaan yang memiliki tujuan yang sama dengan nilai-nilai yang sama, budaya yang kuat, dan tim yang sangat berbakat. Akuisisi ini akan menyatukan dua “Great Places to Work” dengan semangat yang sama untuk inovasi dan inklusi dan akan tetap menjadi tempat yang hebat untuk bekerja dan tempat utama bagi talenta software.

Rincian Transaksi

Berdasarkan perjanjian tersebut, Cisco berencana mengakuisisi Splunk di harga USD 157 per lembar saham tunai, setara dengan ekuitas senilai US$28 miliar. Transaksi ini diharapkan akan menghasilkan arus kas positif dan peningkatan gross margin pada tahun fiskal pertama setelah penutupan, serta meningkatkan laba bersih non-GAAP di tahun kedua. Selain itu, transaksi ini akan mempercepat pertumbuhan pendapatan dan ekspansi gross margin Cisco.

Transaksi ini tidak akan mempengaruhi program buyback (pembelian saham kembali) atau program dividen yang telah diumumkan sebelumnya oleh Cisco.

Akuisisi ini telah disetujui oleh dewan direksi Cisco dan Splunk. Transaksi ini diharapkan akan rampung pada akhir kuartal ketiga tahun kalender 2024, sesuai dengan persetujuan regulasi dan persyaratan penutupan lainnya, termasuk persetujuan dari para pemegang saham Splunk.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai semua syarat dan ketentuan dalam perjanjian definitif, silakan lihat Laporan Terkini Cisco pada Formulir 8-K, yang akan diajukan terkait transaksi tersebut.

Penasihat

Tidal Partners LLC bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Cisco, Simpson Thacher & Bartlett LLP bertindak sebagai penasihat hukum, dan Cravath, Swaine & Moore LLP bertindak sebagai penasihat regulasi. Qatalyst Partners dan Morgan Stanley & Co. LLC bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Splunk dan Skadden, Arps, Slate, Meagher & Flom LLP bertindak sebagai penasihat hukum.

 

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.