BPIP Sukses Gelar Upacara Harlah Pancasila

Pemred Majalah MATRA dan CEO EKSEKUTIF menjadi Tamu Kehormatan di Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

EKSEKUTIF.com — Kenakan Pakaian Adat Melayu, Presiden Jokowi Pimpin Harlah Pancasila di Riau

Presiden Joko Widodo menghadiri sekaligus memimpin peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila yang digelar di Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Dumai, Riau, pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Upacara ini diikuti oleh ribuan peserta dan undangan, menciptakan suasana yang penuh khidmat dan nasionalisme.

Dalam upacara tersebut, Presiden Jokowi tampil mengenakan pakaian adat Melayu Riau lengkap dengan tanjak (topi Melayu), sebuah penampilan yang mengundang perhatian dan apresiasi dari masyarakat yang hadir.

Penampilan Presiden dengan pakaian adat ini memperlihatkan penghormatan terhadap budaya lokal dan menambah kekhidmatan upacara Harlah Pancasila.

Upacara Khidmat dan Interaksi dengan Warga

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut juga dihadiri oleh sejumlah menteri kabinet.

Setelah upacara selesai, Presiden Jokowi berjalan kaki ke pinggir lapangan untuk menyapa warga yang antusias menunggu kesempatan bertemu dengan beliau.

Banyak warga memanfaatkan momen ini untuk berswafoto dan berjabat tangan dengan Presiden, yang juga menyempatkan diri untuk menyalami anggota Paskibra yang telah mengibarkan bendera Merah Putih.

Ketua MPR Bambang Soesatyo yang membacakan Teks Pancasila, dan Ketua DPD yang membacakan UUD 1945. Doa dalam upacara tersebut dibacakan oleh Menko PMK Muhadjir Effendy.

Tampak juga Pemred Majalah MATRA yang juga CEO majalah EKSEKUTIF menjadi tamu kehormatan dalam momen yang diselenggarakan Badan Pembinaan Pancasila (BPIP).

Kunjungan dan Peresmian Infrastruktur

Selama kunjungannya ke Riau, Presiden Jokowi juga meresmikan Tol Bangkinang-Koto Kampar sehari sebelumnya. Jokowi juga ke Pasar Senggol menyapa warga.

Tank Farm Lapangan Garuda Blok Rokan: Lokasi Bersejarah

Upacara Harlah Pancasila tahun ini dilangsungkan di Lapangan Garuda, tepat di depan tangki-tangki raksasa penyimpanan minyak (tank farm) milik PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Lokasi ini menjadi simbol ketahanan energi nasional, mengingat kapasitas besar tank farm PHR yang mencapai 5,1 juta barel minyak dengan 16 unit tangki timbun, serta total 26 unit tangki timbun dengan kapasitas 5,8 juta barel di Wilayah Kerja (WK) Rokan.

Kota Dumai, yang awalnya sebuah desa nelayan, kini telah berkembang menjadi pusat industri migas yang strategis di Provinsi Riau. Dengan infrastruktur yang semakin baik, termasuk jalan tol dan fasilitas transportasi, Dumai kini menjadi jantung bisnis migas di wilayah tersebut.

Dengan peringatan Harlah Pancasila yang penuh semangat nasionalisme dan kebanggaan ini, diharapkan dapat semakin mempererat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, serta mengingatkan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kepala BPIP Saksikan Gladi Bersih Upacara Peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2024

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pasang Iklan? Chat Sekarang