Travel  

Agoda Ungkap Tujuan Wisata Termurah untuk Natal dan Malam Tahun Baru

Yogyakarta Jadi Destinasi Liburan Akhir Tahun Paling Terjangkau di Indonesia

 

 Baik untuk merayakan Tahun Baru, Natal, liburan sekolah, atau hanya mengisi hari libur di tempat kerja, pariwisata di seluruh dunia melejit dalam sepuluh hari terakhir di penghujung tahun. Untuk membantu para wisatawan menemukan penawaran terbaik, Agoda mengungkapkan destinasi termurah akhir tahun ini di seluruh Asia Pasifik.

Agoda menganalisa harga kamar rata-rata di berbagai destinasi wisata antara tanggal 22 – 31 Desember 2023 untuk mencari penawaran terbaik dan harga yang paling kompetitif. Di Indonesia, Yogyakarta merupakan destinasi wisata paling terjangkau, dengan tarif kamar rata-rata Rp 861 ribu.

Untuk kawasan Asia Pasifik, destinasi dengan rata-rata tarif akomodasi terendah adalah Hat Yai di Thailand. Urutan selanjutnya adalah Yogyakarta di Indonesia, Kuching di Malaysia, Dalat di Vietnam, Goa di India, Baguio di Filipina, Nagoya di Jepang, Taichung di Taiwan, Melbourne di Australia, dan Busan di Korea Selatan. Harga kamar rata-rata bervariasi mulai dari Rp661 ribu di Hat Yai hingga Rp2,5 juta di Busan.

“Tahun 2023 menjadi kebangkitan besar dalam perjalanan di seluruh Asia ketika orang-orang terhubung kembali dengan teman, keluarga, dan orang-orang terkasih, dan periode liburan akhir tahun yang istimewa ini sepertinya tidak akan jauh berbeda,” kata Gede Gunawan, Country Director Indonesia, Agoda, Minggu (01/10/2023).

“Tetapi apakah Anda melakukan petualangan sendiri atau membuat kenangan bersama orang-orang terkasih, bepergian selama musim liburan berarti permintaan yang lebih tinggi, sehingga ada perbedaan dalam menemukan penawaran spesial. Dengan menyoroti destinasi wisata dengan tarif akomodasi rata-rata paling terjangkau, Agoda membantu wisatawan, berapapun anggaran mereka, untuk merayakan akhir tahun dengan penuh gaya,” jelasnya.

Meskipun menjadi destinasi wisata dengan harga terendah, lokasi-lokasi yang diriset ini memiliki banyak hal yang dapat ditawarkan kepada para pengunjung dan masing-masing merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan hari-hari terakhir tahun 2023. Mulai dari pantai yang ramai dan taman hiburan yang mengasyikkan, hingga tempat suci spiritual dan surga bagi pecinta kuliner.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menarik dari sepuluh destinasi paling terjangkau: 

  1. Hat Yai, Thailand(Tarif kamar rata-rata: Rp 661 ribu)

Hat Yai adalah rumah bagi berbagai kedai kopi trendi dan kehidupan malam yang semarak. Kota di bagian selatan Thailand ini juga terkenal dengan masakan lokal dan hidangan seafoodnya yang lezat. Hat Yai adalah tempat yang ideal untuk menjelajahi pedesaan di sekitarnya, mengunjungi air terjun yang menakjubkan di Suaka Margasatwa Ton Nga Chang, atau menikmati budaya tradisional Thailand di Kota Tua Songkhla.

Merencanakan kunjungan di bulan Desember? Pastikan untuk membawa semangat Natal Anda, karena Hat Yai adalah rumah bagi berbagai acara dan dekorasi meriah sepanjang bulan. Kunjungi pusat perbelanjaan Central Festival Hat Yai untuk melihat pohon Natal raksasa dan menikmati pertunjukan lampu-lampu Natal. Anda juga dapat mengunjungi Kim Yong Market untuk menemukan hadiah dan suvenir unik.

  1. Yogyakarta, Indonesia (Tarif kamar rata-rata: 861 ribu IDR)

Yogyakarta, yang sering dijuluki “Jantung Budaya Jawa”, merupakan destinasi liburan bulan Desember yang menawan, kental dengan budaya Jawa dan situs-situs bersejarah yang mengagumkan, termasuk Keraton Yogyakarta yang merupakan istana Sultan yang ikonik. Warisan budaya yang kaya ini berpadu sempurna dengan penduduknya yang beragam. Jelajahi gereja-gereja yang dihias dengan indah dan saksikan tradisi Natal setempat yang menampilkan keharmonisan antar beragam budaya.

Untuk akhir tahun yang tenang, jelajahi Situs Warisan Dunia UNESCO, yakni candi kuno di Prambanan. Atau berkendara sejauh 25 km ke utara menuju Kaliurang, di mana momen-momen tenang menanti Anda dengan latar belakang Gunung Merapi yang memukau. Bila Anda menyukai kemeriahan Malam Tahun Baru, jangan lewatkan Alun-Alun Kidul untuk menyaksikan Festival Malam Yogyakarta, di mana pertunjukan kembang api yang memukau akan mengubah malam menjadi keajaiban.

  1. Kuching, Malaysia (Tarif kamar rata-rata: 922 ribu IDR) 

Kuching, ibu kota Sarawak yang menyenangkan, terkenal dengan pasar-pasarnya yang ramai, jajanan kaki lima yang lezat, pemandangan alam yang memukau, dan tempat-tempat bersejarah seperti Desa Budaya Sarawak. Ini adalah tempat liburan keluarga yang sempurna untuk menikmati alam dan memanfaatkan hari libur tambahan Anda.

Pada bulan Desember, Kuching berubah menjadi negeri ajaib yang meriah dengan lampu warna-warni dan dekorasi. Berjalan-jalanlah di sepanjang Kuching Waterfront yang indah atau bergabunglah dengan parade Natal tahunan Kuching untuk menikmati keseruan yang meriah. Jangan lewatkan Padungan Roundabout Cat Statue yang ikonis dan tidak pernah gagal dalam menghibur. Warga setempat dan pengunjung berkumpul di Carpenter Street yang semarak, dimana suasana malam yang hidup menambah keseruan saat Malam Tahun Baru.

  1. Dalat, Vietnam (Tarif kamar rata-rata: 1,1 juta IDR)

Kota pegunungan yang menawan, Dalat, adalah destinasi wisata populer sepanjang tahun, tetapi sangat layak dikunjungi selama musim Natal dan Tahun Baru. Kota ini berubah menjadi negeri ajaibnya musim dingin, dengan kerlap-kerlip lampu, dekorasi yang meriah, dan suasana yang menyenangkan.

Cuacanya yang sejuk sangat ideal untuk menjelajahi tempat-tempat menarik di kota ini, seperti Crazy House, Danau Xuan Huong, dan Valley of Love yang dipenuhi bunga. Apakah Anda mencari liburan romantis, liburan keluarga, atau perayaan meriah, Dalat, Vietnam adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi saat Natal dan Tahun Baru.

  1. Goa, India (Tarif kamar rata-rata: 1,42 juta IDR)

Goa, surga pesta di India, terkenal akan pantainya yang bersih, kehidupan malam yang ramai, pasar yang semarak, dan hidangan seafood yang menggoda. Sering kali terlupakan, negara bagian ini juga menawarkan sisi tenang yang penuh dengan permata tersembunyi, menjadikannya tempat ideal untuk perayaan Natal dan Tahun Baru.

Tahun ini, kemasi tas Anda dan terbanglah untuk menikmati Goa yang memukau. Nikmati keindahan kehidupan alam di Air Terjun Dudhasagar atau kunjungi kafe Artjuna untuk mengikuti workshop mendalam, musik live dan sesi yoga. Lepaskan diri Anda di festival Bonderam dan rayakan Malam Tahun Baru dengan gaya lokal; atau naiklah kapal feri ke pulau Divar untuk hari yang santai dengan mengunjungi gereja-gereja bersejarah dan menyantap hidangan lokal.

  1. Baguio, Filipina (Tarif kamar rata-rata: 1,5 juta IDR)

Udara sejuk dan segar di Baguio membedakannya dari negara tropis lain, sehingga mendapat julukan ‘Summer Capital of the Philippines’. Tapi jangan salah sangka: Baguio dan berbagai penawaran indahnya merupakan destinasi wisata sepanjang tahun. Nikmati pemandangan pohon pinus saat Anda menjelajah lanskap untuk mengunjungi tempat favorit wisatawan yang abadi seperti Mines View Park dan Camp John Hay. Baguio juga memiliki warisan kerajinan tangan dan kesenian rakyat yang baru-baru ini meraih penghargaan Kota Kreatif UNESCO. Kota ini juga memiliki Baquio Night Market dimana Anda dapat menemukan barang-barang vintage terbaik.

Jangan lupa menikmati stroberi yang tumbuh subur di topografi unik kota ini. Mulai dari merayakan pagi Natal dengan taho stroberi (camilan khas Pinoy yang terdiri dari tahu lembut, sirup, dan mutiara kecil yang disebut sagu) hingga menyambut tahun baru dengan bersulang anggur stroberi bersama orang yang Anda cintai, liburan di dataran tinggi ini akan menjadi kenangan tak terlupakan bagi seluruh keluarga.

  1. Nagoya, Jepang (Tarif kamar rata-rata: 1,7 juta IDR)

Nagoya, kota terbesar keempat di Jepang, merupakan destinasi dinamis dan kosmopolitan yang memiliki sesuatu untuk semua orang. Selama musim Natal dan Tahun Baru, kota ini menjadi hidup dengan lampu-lampu festival, acara-acara khusus, dan suasana yang meriah.

Nagoya terkenal dengan cahaya musim dinginnya yang menakjubkan, merupakan salah satu yang terbaik di Jepang. Jalan-jalan utama dan taman-taman di kota ini disulap menjadi negeri ajaib di musim dingin yang magis dengan jutaan lampu yang berkelap-kelip, seperti taman botani Nabana no Sato dan gemerlapnya distrik Sakae dan Osu.

8.Taichung, Taiwan (Tarif kamar rata-rata: 1,8 juta IDR) .

Taichung tidak hanya memiliki warisan sejarah dan budaya yang kaya, tetapi juga dipenuhi keindahan alam yang menakjubkan. Terkenal dengan beragam objek dan aktivitas wisata, Taichung memenuhi semua kebutuhan wisatawan, baik yang gemar menjelajahi peninggalan budaya, menikmati hidangan lezat, atau memanjakan diri dengan keajaiban alam.

Selain itu, Taichung akan menjadi tuan rumah Festival Seni Cahaya Lishan Guguan pada Desember ini, yang akan menampilkan seni cahaya yang memukau selama sebulan penuh. Selain pertunjukan cahaya yang spektakuler, festival ini juga menampilkan berbagai pertunjukan dan acara musik, memberikan suasana meriah di seluruh perayaan. Pengunjung dapat menikmati keindahan karya seni yang diterangi cahaya sambil menikmati pertunjukan live music atau mengikuti pertunjukan tari dan lokakarya seni.

  1. Melbourne, Australia (Tarif kamar rata-rata: 2,4 juta IDR)

Melbourne telah lama dijuluki sebagai ‘Permata Budaya’ Australia dengan seni yang dinamis, acara olahraga yang meriah, kopi artisan yang terkenal di dunia, dan kehidupan malam yang penuh pesona. Selama musim Natal dan liburan sekolah, kota pesisir ini menjadi lebih hidup dengan berbagai kegiatan yang cocok untuk keluarga. Mulai dari pasar Natal hingga acara olahraga kelas dunia seperti turnamen tenis Australian Open, Melbourne yang sesuai untuk semua bujet.

Dengan sistem trem terbesar keempat di dunia, Melbourne merupakan destinasi yang tepat untuk dijelajahi dengan berjalan kaki. Baik itu pantai-pantai indah yang Anda cari atau hanya ingin tersesat di Federation Square yang ramai, selalu ada sesuatu yang terjadi di Melbourne yang penuh semarak ini.

  1. Busan, Korea Selatan (Tarif kamar rata-rata: 2,5 juta IDR)

Busan adalah destinasi pesisir yang sesuai namanya, dengan kombinasi pantai yang indah, gedung pencakar langit modern, pasar-pasar tradisional, dan lorong-lorong kafe yang nyaman. Untuk kesempatan langka melihat pemandangan kota yang beragam dalam sekali pandang, Anda bisa mengunjungi Busan X the SKY, observatorium di lantai teratas gedung tertinggi kedua di Korea, yang terletak di Pantai Haeundae. Jika Anda lebih suka pengalaman yang lebih tenang, berjalan-jalanlah di sepanjang Jalan Dalmaji-gil, yang dipenuhi kafe-kafe kecil dan menawan dengan pemandangan lautan biru yang indah.

Ingin menyaksikan festival lampu musim dingin yang unik di tepi laut? Pantai Gwangalli menyelenggarakan Gwangalli Marvelous Drone Light Show, pertunjukan spektakuler mingguan setiap hari Sabtu yang menampilkan sejumlah cahaya drone yang menakjubkan tersebar di langit malam musim dingin yang cerah.

Selain membantu wisatawan memilih destinasi paling terjangkau, Agoda membantu para wisatawan untuk mendapatkan penawaran terbaik dari anggaran mereka melalui fitur-fitur seperti Price Freeze, Price Alerts, diskon keranjang belanja, penawaran media sosial, dan masih banyak lagi, yang membantu orang-orang untuk melihat dunia dengan harga yang lebih terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pasang Iklan? Chat Sekarang