Tips Memilih Sepatu Lari yang Tepat

EKSEKUTIF.com — Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Salah satu yang banyak digemari ialah olahraga lari, karena praktis dan tidak membutuhkan banyak alat. Namun, memilih sepatu yang tepat untuk berlari juga sangat penting untuk menghindari cedera.

Memilih sepatu lari tidak semudah yang dibayangkan. Kebanyakan orang masih memilih sepatu berdasarkan harga atau tampilannya saja, namun mengenyampingkan aspek kenyamanannya.

Yang perlu diperhatikan adalah tidak semua sepatu cocok untuk setiap orang, karena bentuk dan ukuran telapak kaki yang berbeda-berbeda. Sehingga, memakai sepatu yang kurang cocok akan menghambat lari dan malah bisa menyebabkan cedera.

Bingung memilih sepatu yang tepat untuk berlari? adidas sebagai salah satu merek global dan produk olahraga yang paling diminati, memberikan beberapa tips yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu lari yang tepat agar olahraga menjadi optimal dan bebas cedera:

  1. Pilih sepatu khusus untuk berlari

Ada banyak jenis sepatu olahraga dengan bermacam fungsi. Agar kegiatan olahraga jadi lebih efektif dan optimal, disarankan untuk menggunakan sepatu yang sesuai. Untukmu yang ingin fokus di olahraga lari, pastikan kamu memilih running shoes. Sebab, sepatu ini memiliki fitur khusus seperti teknologi shock absorption dan aliran udara yang dapat membantu melindungi kaki dari cedera dan memberikan kenyamanan saat berlari.

  1. Sesuaikan dengan tempat lari

Penting juga untuk mempertimbangkan tempat di mana kamu biasa berlari. Jenis sepatu lari berdasarkan jalurnya dibagi menjadi 3 subkategori: road-running shoes, trail-running shoes, dan cross-training shoes. Road-running shoes merupakan sepatu yang dirancang untuk berlari di jalanan atau di aspal. Lalu, ada trail-running shoes, cocok untuk berlari di alam bebas. Selanjutnya, ada cross-training shoes untuk berlari indoor dengan treadmill. Jadi, penting untuk memperhatikan medan berlari untuk menentukan jenis sepatu yang akan kamu pakai.

  1. Kenali Jenis telapak kaki

Jenis telapak kaki berpengaruh juga terhadap pronasi kaki yang dialami dan nantinya berpengaruh kepada kenyamanan saat digunakan. Penting diketahui terdapat tiga bentuk atau kelengkungan telapak kaki yaitu low arch, normal, dan high arch. Dimana perbedaan tersebut menghasilkan tiga tipe pronasi yaitu under pronation, neutral, dan over pronation (supination). Oleh karena itu, agar lebih nyaman saat berlari, pilihlah sepatu lari yang sesuai dengan tipe bentuk telapak kaki.

  1. Pastikan ukuran sepatu yang sesuai

Ukuran menjadi hal penting selanjutnya. Pastikan kamu memilih sepatu dengan ukuran yang tepat agar dapat menjaga keseimbangan dan menghindari cedera. Hindari memilih sepatu dengan ukuran yang terlalu kecil karena bisa membuat kaki mu lecet. Sebaliknya, jangan memilih dengan ukuran yang terlalu besar juga karena akan membuatmu tidak nyaman saat berlari. Pemilihan Sepatu dengan ukuran yang tepat mampu membantu meminimalisir lecet pada kaki saat sedang berlari. Selain itu, pastikan juga untuk mempertimbangkan lebar kaki supaya sepatu nyaman dipakai berlari.

  1. Pilih sepatu yang ringan

Memilih sepatu yang ringan akan membantu kamu berlari lebih efisien, cepat dan memberikan kenyamanan lebih saat berlari, terutama saat berlari jarak jauh. Tidak heran brand sepatu seperti adidas menghadirkan banyak sepatu dengan teknologi dan material terkini yang bisa menjadikan sepatu lebih ringan namun tetap kuat dan nyaman dikenakan.

Salah satunya adalah inovasi terbaru dari adidas yaitu Ultrabounce yang didesain untuk meningkatkan intensitas latihan dan membantumu berlari lebih jauh. Bantalan Bounce yang ringan memberikan kenyamanan dan fleksibilitas untuk membuatmu tetap berenergi saat menambah kilometer dalam aktivitas lari sehari-hari. Outsole dari bahan karet yang tahan lama memberikan traksi di berbagai macam permukaan sehingga kamu dapat berlari dengan percaya diri.

  1. Sesuaikan dengan budget

Dalam memilih sepatu tentunya harus juga disesuaikan dengan dana yang ada. Beberapa merek sepatu menawarkan harga ekonomis namun kualitasnya kurang baik. Jika ingin kaki lebih aman dari cedera, ada baiknya untuk membeli sepatu dengan kualitas terbaik seperti ragam pilihan sepatu lari yang disediakan adidas. Ditambah lagi, kamu bisa memanfaatkan beragam promo yang sering diberikan.

Seperti dalam adidas Super Brand Day yang berlangsung pada 22 – 24 Mei 2023 di Shopee, adidas menawarkan diskon dari 10% hingga 50%. Serta, kamu juga berkesempatan mendapatkan free gift.

Lebih spesialnya lagi, pengguna bisa menjadi yang pertama mendapatkan sepatu adidas Ultrabounce terbaru secara eksklusif di Shopee dengan diskon s/d 40% hingga tanggal 31 Mei mendatang. Dengan berbagai penawaran tersebut, kamu bisa mendapatkan sepatu lari terbaik dengan harga yang terjangkau.

Cinita Dewi Mayakatri, Senior Activation Manager dari adidas Indonesia mengatakan, “adidas hadir dengan berbagai pilihan sepatu lari yang dirancang khusus untuk menjaga kenyaman dan keamanan kaki saat berlari. Hal tersebut dilakukan karena adidas terus berinovasi untuk memberikan pengalaman berlari yang terbaik bagi para pelari di seluruh dunia. Kami mengutamakan kualitas, kenyamanan, dan performa dengan desain yang modern dan stylish. “

“Untuk itu, kami senang sekali dapat bekerjasama dengan Shopee melalui program adidas Super Brand Day yang diharapkan dapat mempermudah pengguna Shopee di Indonesia untuk mendapatkan barang-barang terkait kebutuhan pendukung seperti sepatu lari. Jangan lewatkan penawaran di adidas Super Brand Day dan dapatkan sepatu lari Adidas berkualitas dengan harga terbaik,” jelasnya, Jum’at ( 12/05/2023).

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia mengatakan,“Gaya hidup sehat terus berkembang dan semakin menarik perhatian masyarakat. Olahraga pun menjadi salah satu kegiatan yang dipilih untuk mulai menerapkan pola hidup sehat. “

“Melengkapi hal tersebut, kami senang sekali dapat bekerja sama dengan adidas, salah satu mitra brand olahraga favorit pengguna, dalam menghadirkan adidas Super Brand Day. Melalui kerjasama ini, kami berharap tidak hanya dapat memberikan penawaran terbaik, tetapi juga memperluas pilihan produk khususnya dalam kategori perlengkapan olahraga guna memenuhi kebutuhan pengguna,” ungkap  Daniel.

Tips Memilih Sepatu Lari yang Tepat, repost Majalah EKSEKUTIF – Berita Senator

 

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pasang Iklan? Chat Sekarang