TanyaDNA Hadirkan NIPT tanyaDNA, Ini Keunggulannya

oleh

EKSEKUTIF.com- Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kian memudahkan dunia medis dalam melakukan deteksi dan pemeriksaan pada kehamilan ibu, termasuk genetik dan jenis kelamin calon bayi dalam kandungan. Selangkah lebih maju dari USG (ultrasonography), kini ada teknik deteksi dini canggih dengan teknologi Non-Invasive Prenatal Test atau (NIPT) yang memiliki akurasi tinggi untuk skrining kehamilan.

Tak dapat dipungkiri dalam sebuah keluarga, kehadiran seorang buah hati menjadi idaman dan menjadi bentuk kebahagiaan tersendiri bagi banyak pasangan suami istri. Kehamilan tentu menjadi sebuah moment yang sangat dinanti, terlebih bagi sebuah keluarga yang sudah lama menanti datangnya seorang momongan. Mulai sejak positif hamil, kebahagiaan akan terlihat dari bagaimana para calon ibu dan ayah dalam mempersiapkan kehadiran si kecil. Semua orangtua tentu juga berharap janin dalam kandungan sehat sampai melahirkan nanti.

Namun minimnya pengetahuan dari ibu hamil dan keluarga memiliki dampak pada tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan kelainan bawaan atau kelainan kongenital yaitu kondisi tidak normal yang terjadi pada masa perkembangan janin. Kelainan ini dapat mempengaruhi fisik atau fungsi anggota tubuh anak sehingga menimbulkan cacat lahir. Banyak ibu hamil mengabaikan arti pentingnya bahaya-bahaya dalam kehamilan. Menurut WHO, cacat lahir dialami sekitar 1 dari 33 bayi di dunia. Bahkan, ada sekitar 3,2 juta bayi yang lahir dalam kondisi tidak sempurna di seluruh dunia setiap tahunnya.

Kekhawatiran yang dialami oleh Ibu Hamil selama menjalani proses kehamilan adalah sebuah hal yang wajar, kadang pikiran negatif ibu hamil juga sulit dihilangkan seperti, apakah calon bayi di rahim tumbuh normal, apakah calon bayi akan ada cacat dan sebagainya. Namun ketakutan dan kekhawatiran berlebih akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan Ibu dan calon si Kecil.

“Melihat banyaknya kekhawatiran pada calon orang tua serta banyaknya kasus mengenai kelainan ini, deteksi dini dibutuhkan untuk memberikan persiapan secara fisik dan mental kepada orang tua dari calon bayi. Oleh karena itu, tanyaDNA hadir sebagai jawaban dari kekhawatiran para orang tua dalam mencari kepastian kesehatan bagi calon bayi. Kehadiran tanyaDNA memberikan inspirasi dan inovasi mengenai genomik guna meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Indonesia,” ungkap dr. Ariel Pradipta, MRes, Ph.D (Senior Research Fellow tanyaDNA) pada acara Grand Launching NIPT TanyaDNA: serta Health Talk Mengenal NIPT, Skrining Penting Kehamilan” pada (31/05/2022), di Queen’s Head Kemang, Jakarta Selatan.

Foto bersama usai paparan pers: Kiri ke kanan– dr. Laila Aidi (Moderator),-@kenandgrat (grat sebelah kiri, ken sblh kanan/influencer yang menggunakan NIPT tanyaDNA), – dr. Ariel Pradipta, MRes, Ph.D (Senior Research Fellow tanyaDNA)- dr. Yassin Bintang , MIB, Sp.OG-KFER, M.Sc- drg. Adittya selaku Direktur tanyaDNA.

Tanyadna merupakan platform non-covid yang dikeluarkan sebagai bentuk kontribusi pengembangan teknologi dan kesehatan di Indonesia khususnya di bidang genomik. Dalam kesempatan tersebut, tanyaDNA meluncurkan NIPT tanyaDNA bertajuk ‘Tribute to Worry-Free Warrior Mom’ untuk ibu hamil bebas khawatir. tanyaDNA hadir sebagai tempat tes ‘zaman now’ untuk menjadi solusi tes genetik bagi gaya hidup sehat yang mudah dan nyaman. tanyaDNA dilengkapi dengan berbagai kategori produk mulai dari pregnancy, cancer assessment, lifestyle, personalized medicine & genomic check-up. tanyaDNA menjadi tempat pemeriksaan DNA terjangkau yang dapat diakses oleh lebih banyak orang.

Dalam rangka memperingati Hari Ibu Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Mei dan Hari Keluarga Internasional yang jatuh pada tanggal 15 Mei, serta untuk mengapresisasi keluarga & ibu sebagai pejuang dalam mengandung dan melahirkan anak, tanyaDNA meluncurkan NIPT tanyaDNA bertajuk ‘Tribute to Worry-Free Warrior Mom’ untuk ibu hamil bebas khawatir. Dalam kesempatan launching product pertama tanyadna yaitu NIPT tanyadna, juga menawarkan harga promo untuk pemeriksaaan NIPT yang sebelumnya dari harga Rp. 5.000.000,- kini menjadi Rp. 3.750.000,- Bukan hanya itu saja, tanyaDNA  juga melakukan kerjasama dengan memberikan harga khusus kepada nasabah Bank BCA, Bank Mandiri, dan beberapa bank lainnya guna memberikan layanan berbasis genomik dengan harga yang terjangkau.

Sementara itu, drg. Adittya selaku Direktur tanyaDNA mengungkapkan,  NIPT tanyaDNA hadir untuk mempermudah masyarakat khususnya ibu hamil yang sedang merencanakan kehamilan dalam mendeteksi kelainan genetik pada bayi sedini mungkin. NIPT tanyaDNA merupakan sebuah solusi bagi para calon orang tua untuk mengetahui bagaimana mempersiapkan masa depan si buah hati. NIPT tanyaDNA berisi konsultasi oleh profesional yang siap mendampingi para calon orang tua sesuai kebutuhan, dapat memberikan solusi dan layanan yang mudah diakses. Selain itu NIPT tanyaDNA dapat di akses melalui Instagram, Facebook dan TikTok di @tanyadna.id (https://www.instagram.com/tanyadna.id/?hl=en) .

Adapun manfaat NIPT tanyaDNA di antaranya, pertama dapat menentukan jenis kelamin buah hati dengan sangat akurat pada usia kehamilan mulai dari 10 minggu. Kedua membantu membuat keputusan perawatan kesehatan yang tepat untuk sang buah hati. Dan ketiga bisa membantu mempersiapkan mental, fisik serta finansial oang tua dan bayi di masa depan.

“Kami sangat senang dan antusias dapat menghadirkan NIPT tanyaDNA, tanyaDNA sebagai solusi tes genetik untuk gaya hidup sehat yang mudah dan nyaman. Memiliki sang buah hati adalah hal yang membahagiakan bagi semua orang tua dan pastinya ingin memiliki keluarga yang optimal baik secara fisik dan mental. NIPT tanyaDNA hadir untuk membantu para orang tua khususnya agar ibu hamil bebas khawatir. Dengan bantuan teknologi sequencing, NIPT tanyaDNA dapat mengetahui lebih detail mengenai kesehatan anak dimulai dari kandungan yang tergolong aman dan minim risiko bagi ibu dan calon bayi. Teknik pemeriksaan NIPT tanyadna memiliki kemampuan deteksi sangat akurat hingga 99 persen.” ujar dr. Adit.

Dalam kesempatan itu, Expert – dr. Yassin Yanuar MIB, SpOG-KFER, MSc menyatakan, NIPT atau Non-Invasive Prenatal Test merupakan pemeriksaan skrining untuk mendeteksi kelainan pada janin yang dapat dilakukan secara non-invasive, yaitu melalui darah ibu hamil, sehingga tidak membahayakan janin. Deteksi ini dilakukan untuk mengetahui resiko kelainan genetik tertentu pada bayi, salah satunya adalah kemungkinan down syndrome.

“Dianjurkan bagi semua ibu hamil, melakukan pemeriksaan NIPT, apalagi untuk kehamilan pertama. Kemungkinan jika ada kelainan genetik dapat dideteksi dini dengan teknologi NIPT ini. Di antaranya: Trisomi, aneuploidi kromosom seks, kromosom lain, microdeletion, hingga jenis kelamin si bayi,” pungkasnya . (ACH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.