Sandiaga: Pentingnya Adaptasi dan Pendekatan Big Data Pendekatan Kekinian

EKSEKUTIF.com — Dalam pernyataan awal, Sandiaga Uno yang besok akan dilantik menjadi menteri  oleh Presiden Joko Widodo.

Ia bakal menerapkan strategi inovasi dengan menggunakan teknologi big data untuk menggarap dan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi COVID-19.

“Strategi yang mungkin diadopsi adalah strategi inovasi dengan menggunakan teknologi, menggunakan pendekatan big data, pendekatan kekinian untuk memetakan baik dari segi potensi maupun penguatan,” kata Sandiaga Uno.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan bahwa dengan mengadopsi strategi yang dimaksud, pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dipastikan bisa bertahan di tengah pandemi.

Namun pertahanan yang dimiliki juga tidak semata survive.

“Bukan hanya survive, tapi juga thrive, survive and thrive, bertahan dan menangkap peluang untuk jadi pemenang. Strategi inovasi,” katanya.

Alumnus Wichita State University itu juga menekankan pentingnya adaptasi di tengah pandemi.

Ia berpendapat penting bagi semua pihak untuk selalu mendahulukan kesehatan dan keselamatan, di setiap destinasi pariwisata dan di setiap lini ekonomi kreatif.

Selain itu protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability) menjadi satu hal yang juga penting ditunjang dengan kolaborasi yang baik.

“Kami akan berkolaborasi dengan semua pihak, pemerintah, lembaga, pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah provinsi, pemerintah kota, pemerintah kabupaten, akademisi, universitas, maupun masyarakat, dan dunia usaha,” katanya.

Sandiaga mengaku akan menggandeng pelaku industri yang tergabung dalam asosiasi termasuk Kadin, HIPMI, PHRI, dan seluruh asosiasi yang terkait di sektor pariwisata yang disebutnya teramat sangat penting.

“Semoga Allah SWT meridhoi dan memberikan kekuatan kita untuk keluar dari pandemi dan membangun pariwisata dan ekonomi kreatif yang lebih baik lagi,” katanya.

Saat mengawali sambutannya, Sandiaga mengucapkan selamat Hari Ibu untuk seluruh ibu di pelosok nusantara.

“Termasuk Ibu Risma, ibu saya, dan ibunya anak-anak saya dan juga ibu-ibu yang ada di sini. Semoga dengan hari ibu ini kita bisa memberdayakan perempuan hebat dan perempuan mandiri,” kata Sandiaga.

baca juga edisi cetak di Gramediadigital dan myedisi

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pasang Iklan? Chat Sekarang