Luncuran Kampanye #RayakanGerakmu, Rexona Hijab Natural awali Komitmen Dukung Pemberdayaan Komunitas UMKM Penyadang Disabilitas

EKSEKUTIF.com — Memperingati momen World Hijab Day 2023, Rexona Hijab Natural meluncurkan kampanye #RayakanGerakmu yang bertujuan menginspirasi dan mendorong seluruh hijabers Indonesia untuk terus aktif bergerak demi kebaikan diri sendiri dan sesama.

Peluncuran kampanye tersebut dilakukan melalui “Rayakan Gerakmu Fest”, gelaran kelas pound fit yang secara serempak dipersembahkan di tiga kota hingga berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Melibatkan lebih dari 1.000 peserta dan sederetan hijabers inspiratif, kegiatan ini mengawali komitmen Rexona Hijab Natural untuk mentransformasi gerak aktif hijabers menjadi berbagai bentuk pemberdayaan komunitas UMKM penyandang disabilitas.

Mengangkat tema “Progression, Not Oppression”; World Hijab Day 2023 menyoroti pentingnya awareness warga dunia untuk memberikan hak dan kesempatan yang setara bagi perempuan berhijab untuk terus bergerak secara progresif, yaitu bergerak ke arah kemajuan.

Sejalan dengan tema istimewa tersebut, Priyo Ajie, Senior Brand Manager Rexona menyampaikan, “Sejak 2019, Rexona memiliki brand purpose #GerakLampauiBatas yang bertujuan menciptakan ekosistem gerak yang inklusif yang mendukung setiap orang – terlepas berbagai kondisi dan latar belakang – untuk aktif bergerak.”

“Untuk itu, kami terus menghadirkan berbagai inovasi produk serta kampanye dan aktivitas yang paling sesuai dan mampu membantu semua orang, termasuk para hijabers, untuk bisa melampaui batasan atau kendala yang masih mereka hadapi untuk bebas bergerak,” lanjut Ajie, saat acara peluncuran kampanye tersebut di Jakarta, Minggu ( 05/02/2023).

Pertumbuhan jumlah hijabers di Indonesia terus meningkat. Dibanding 2018, jumlah rumah tangga di Indonesia yang memiliki anggota keluarga yang mengenakan hijab meningkat sebanyak 20% hingga kini hampir mencapai hampir setengahnya. Di tengah fakta ini, semangat hijabers untuk bergerak maju terlihat semakin nyata.

Indah SJ, M.Psi. selaku Psikolog menjelaskan, “Bergerak maju merupakan salah satu bentuk pengaktualisasian diri, yang menurut teori Maslow adalah puncak dari kebutuhan hidup manusia setelah kebutuhan lainnya terpenuhi. Di era modern, aktualisasi diri telah mengalami revolusi dari sebuah kebutuhan menjadi suatu gaya hidup. “

“Setiap orang terus berproses menjadi ‘versi terbaik dari diri sendiri’, tidak terkecuali di tengah para hijabers. Saat kini pengembangan diri perempuan yang sudah sangat terbuka, berhijab tidak menjadi halangan bagi mereka untuk terus bergerak memaksimalkan potensi diri dalam mencapai berbagai bentuk kebaikan,” tuturnya.

Agar dapat terus bergerak, para hijabers membutuhkan boost of confidence, yang salah satunya bisa terbentuk melalui interaksi dengan lingkungan. Saat seorang hijaber merasa nyaman dan yakin dengan penampilannya (contoh: tampil rapi, modis, fresh dan wangi), maka rasa percaya diri untuk beraktivitas dan berinteraksi dengan orang banyak akan terbentuk dengan sendirinya.

Rexona memahami tantangan yang dihadapi para hijabers dimana baju yang tertutup dan berlapis seringkali menjadi kendala untuk leluasa bergerak, karena keringat yang berlebih dan rasa gerah.

Berkolaborasi dengan Unilever Muslim Centre of Excellence atau MCOE – sebagai pusat insight global bagi ragam inovasi dan produk yang sesuai dengan dinamika kebutuhan konsumen muslim di Indonesia dan dunia – Rexona menemukan bahwa hijabers masa kini membutuhkan produk deodoran yang bekerja lebih efektif, mengandung bahan natural, tidak mengiritasi kulit, tidak lengket dan cepat kering, serta mampu memberikan sensasi dingin yang segar untuk melawan gerah.

“Berdasarkan temuan ini, Rexona meluncurkan Rexona Hijab Natural Peach & Mint Cool yang secara khusus diformulasikan bagi pengguna hijab dengan perlindungan efektif 72 jam. Inovasi ini mengandung kesegaran alami peach dan mint yang menyejukkan, formula quick dry, serta kandungan alkohol 0% untuk membantu hijabers senantiasa merasa percaya diri dan bebas bergerak tanpa gerah,” terang Ajie.

Tidak hanya melalui inovasi, kampanye #RayakanGerakmu juga menggandeng sederetan hijabers yang telah berhasil “menembus batas” dalam berekspresi dan berkarya, di antaranya dua sosok Rexona Gerak Champions yaitu Angkie Yudistia – Sociopreneur sekaligus Author, dan Ayudia ChaeraniPegiat gaya hidup aktif dan entrepreneur

Angkie Yudistia bercerita, “Sebagai penyandang tuli, aku tahu rasanya hidup di dunia yang kadang tidak berpihak sama kita, bagaimana kita mencoba mengembangkan diri tapi masih sangat serba terbatas untuk beradaptasi dengan lingkungan kita. Tapi kita tidak bisa hanya menunggu dan mengharapkan perubahan, karena perubahan harus digerakkan dan dimulai dari diri sendiri, serta berdampak kepada orang lain. “

“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat untuk sesama, saat kita memperbanyak aktivitas yang memberi manfaat kebaikan, maka gerakan kebaikan yang kita lakukan Insya Allah akan membawa keberkahan. Untuk itu, dalam bergerak aku selalu berprinsip, hal apapun yang aku lakukan sebaiknya dapat dirasakan oleh masyarakat yang lebih luas,” kata Angkie.

Sementara itu, Ayudia Chaerani ikut berbagi, “Aku memilih untuk selalu aktif bergerak bukan semata-mata karena mau hidup sehat, tapi juga sebagai bentuk syukur aku terhadap anugerah kesehatan yang Allah berikan buat aku sampai sekarang. Selain itu, aku bergerak untuk bahagia. “

“Aku percaya bahwa bergerak itu baik untuk kesehatan mentalku. Di saat mood-ku baik, aku jadi lebih siap dan makin semangat untuk menjalani semua kegiatanku. Dengan mood yang baik pula, aku percaya ini akan membawa vibes yang baik untuk orang-orang di sekitarku, termasuk keluargaku. Saat melihat mereka bahagia, itu juga jadi kebahagiaan yang luar biasa buatku,”  jelasnya.  

Bekerja sama dengan Rocca Space, peluncuran kampanye tersebut dilakukan di acara “Rayakan Gerakmu Fest”, gelaran kelas pound fit yang diikuti oleh lebih dari 1.000 peserta. Aktivitas masif yang dilakukan serempak di tiga kota (Jakarta, Bandung, Yogyakarta) dan berpusat di Istora Senayan ini berhasil memecahkan rekor MURI untuk “Pound Fit Secara Hybrid Dengan Peserta Terbanyak”.

Selain itu, Rexona Hijab Natural juga mengajak lebih banyak lagi peserta untuk bergabung secara virtual melalui Zoom dan platform Vidio.com.

Dengan berpartisipasi, seluruh peserta telah menjadi pionir yang ikut mendukung upaya jangka panjang Rexona Hijab Natural dalam memberdayakan komunitas UMKM penyandang disabilitas di bawah platform sosial “Productive Plus” agar mereka bisa mendapatkan kesempatan yang setara untuk dapat terus bergerak maju.

Sebanyak 50 anggota komunitas “Productive Plus” dan 150 anggota “Hijabers Community” juga ikut terlibat di dalam kegiatan pemecahan rekor ini, mencerminkan inklusivitas dalam bergerak bersama bagi kebaikan diri maupun sesama.

Kegiatan pound fit ini jadi semakin berkesan karena Rexona mempersembahkan kejutan istimewa, yaitu penampilan live penyanyi ternama Sivia Azizah yang berduet dengan Rian D’Masiv untuk membawakan lagu “Jangan Menyerah” dengan aransemen baru dan lirik yang disesuaikan dengan brand purpose #GerakLampauiBatas. Sebagai theme song dari Rexona dan kampanye #RayakanGerakmu, diharapkan lagu ini akan menjadi penyemangat bagi semua hijabers agar terus bergerak.

Aurel Hermansyah, Celebrity Hijaber yang turut mengikuti kegiatan pound fit berkomentar, “Aku suka banget sama olahraga ini karena seru banget dan bisa bikin kita bergerak dan berkeringat maksimal. Apalagi ini pertama kalinya aku ikutan pound fit dengan peserta sebanyak ini! Alhamdulillah, kelasnya seru dan bikin happy! “

“Karena aku senang bisa ikut aktif bergerak bareng ribuan peserta, dan tahu bahwa setiap gerakan yang aku lakukan tadi jadi bentuk dukungan aku untuk membantu sesama. Sukses untuk kampanye #RayakanGerakmu, dan pesanku, jangan takut bergerak dan berkeringat ya, karena ada Rexona yang setia jagain kita supaya tetap fresh dan wangi sepanjang hari!,” ungkap Aurel.

Di penghujung acara, Ajie menerangkan, “Hingga bulan Ramadhan nanti, serangkaian kegiatan akan terus digelar dengan melibatkan Angkie, Ayudia, dan lebih banyak hijabers di Indonesia untuk semakin memperluas manfaat dari gerakan menuju kebaikan bersama. Nantikan kabar istimewa lainnya dari kampanye ini, dan mari #RayakanGerakmu untuk kebaikan diri dan sesama!”

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pasang Iklan? Chat Sekarang