Libatkan Karyawan jadi Agen Perubahan  –  Yayasan WINGS Peduli Gelar  Program  #PilahDariSekarang: Mulai Dari Kita

 

Yayasan WINGS Peduli dorong karyawan WINGS Group menjadi agent of change untuk lingkungan, dengan mengelola sampah secara bertanggung jawab sebagai wujud gaya hidup yang berkelanjutan atau sustainable lifestyle. Inisiatif ini dikemas dalam program bertajuk #PilahDariSekarang: Mulai Dari Kita yang dilakukan melalui rangkaian kegiatan interaktif serta sarana pengelolaan sampah yang dihadirkan di area kantor. Program ini bertujuan mengajak  para karyawan untuk mengelola sampah secara bertanggung jawab sebagai langkah awal gaya hidup berkelanjutan.

Hal ini sekaligus mendukung kampanye #PilahDariSekarang yang telah Yayasan WINGS Peduli selenggarakan sejak awal 2023. Upaya ini merupakan komitmen Yayasan WINGS Peduli di bidang lingkungan, dengan menjadikan karyawannya agen perubahan bagi keluarga dan orang terdekat.

Sheila Kansil, Perwakilan Yayasan WINGS Peduli mengatakan pengelolaan sampah adalah “pintu masuk” menuju gaya hidup berkelanjutan yang berdampak signifikan terhadap pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

”Pemilahan sampah di individu dan keluarga, memberi efek domino bagi kualitas hidup manusia. Dengan mulai memilah, masyarakat menjadi lebih bertanggung jawab saat mengonsumsi produk (SDG 12), yang secara otomatis mengurangi penumpukan sampah sehingga dapat memelihara ekosistem laut dan darat (SDG 14 & 15), serta menciptakan air bersih dan sanitasi layak (SDG 6). Jika terus dilakukan secara kolektif, upaya ini dapat mendukung kehidupan masyarakat yang sehat dan sejahtera (SDG 3),” tutur Sheila Kansil di forum Sustainability Talk bersama karyawan WINGS Group, Kamis ( 27/07/2023).

Dalam program #PilahDariSekarang: Mulai Dari Kita, Yayasan WINGS Peduli mengedukasi karyawan mengenai pengelolaan sampah dan mengapresiasi mereka yang dapat mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.

Inisiatif tersebut diwujudkan melalui Sustainability Talk bersama sosok inspiratif pelaku sustainable lifestyle, challenge dan quiz mengenai waste management, hingga memanfaatkan kanal komunikasi internal untuk mengampanyekan gaya hidup berkelanjutan. WINGS Group juga memberikan ruang untuk karyawan saling mengapresiasi usaha ramah lingkungan rekan kerjanya dengan berbagai hadiah menarik.

Program #PilahDariSekarang: Mulai Dari Kita yang diperuntukkan bagi karyawan WINGS Group ini mendukung kampanye #PilahDariSekarang yang telah menjangkau masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Dengan kata lain, karyawan WINGS Group telah bersinergi dengan lebih dari 9.500 masyarakat yang telah terlibat dalam kampanye ini. Mereka terdiri dari pelajar dan ibu-ibu yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, termasuk pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Selain edukasi dan apresiasi, melalui program #PilahDariSekarang: Mulai Dari Kita, Yayasan WINGS Peduli bersama manajemen WINGS Group akan menghadirkan fasilitas pengelolaan sampah terpadu di Headquarters WINGS Group untuk mendukung pengelolaan sampah kantor dari hulu ke hilir.

Fasilitas yang dimaksud adalah tempat sampah pilah di dalam dan luar area kerja, termasuk wilayah pabrik, yang nantinya akan dikelola oleh pihak pendaur ulang untuk meningkatkan nilai ekonomi sampah terpilah.

Upaya ini dilakukan untuk mendukung fasilitas eco-friendly yang telah tersedia, seperti water station untuk mendorong kebiasaan membawa botol minum sendiri, penggunaan alat makan reusable untuk meminimalisir waste, dan green space hingga ruang terbuka di ruang kerja untuk menghemat listrik.

Program #PilahDariSekarang: Mulai Dari Kita, sebagai kolaborasi Yayasan WINGS Peduli bersama karyawan WINGS Group untuk lingkungan, bukanlah kali pertama. Sebelumnya, Yayasan WINGS Peduli secara reguler menyelenggarakan Aksi Bersih di sungai dan kali di area padat penduduk, termasuk Jakarta dan Surabaya.

Selain itu, terdapat pula kompetisi rutin di bidang lingkungan di departemen EHS (Environment, Hygiene, and Sustainability) untuk memperkaya upaya preventif pengelolaan risiko kerja.

“Harapannya, ketika karyawan pulang ke rumah, mereka bisa menularkan kebiasaan mengelola sampah secara bertanggungjawab ke pasangan, orang tua, anak, asisten rumah tangga, dan orang sekitarnya, untuk memberi dampak positif bagi lingkungan,” ujar  Sheila Kansil

“Berbagai upaya ini merupakan komitmen Yayasan WINGS Peduli untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat demi mendukung filosofi perusahaan yaitu the good things in life should be accessible for all, “ tegasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.