Kabar Keberagaman dan Kesetaraan di PT United Tractors

Kantor Pusat PT United Tractors, Tbk. pintu masuk ke Ballroom.

EKSEKUTIF.com — Kabar Keberagaman dan Kesetaraan di PT United Tractors

Kompleks UT Building di Cakung, Jakarta Timur.

Perusahaan kontraktor pertambangan dan alat berat, PT United Tractors (UT) telah sejak lama menerapkan DEI atau Diversity, Equity, and Inclusion di tempat kerja demi komitmennya untuk inklusivitas dan kesetaraan.

Head of Corporate Governance & Sustainability UT, Sara K. Loebis, mengatakan pihaknya sudah memulai menstrukturkan upaya divesity dari sisi policy sampai produk strategis.

“Memang unit bisnis kita macam-macam. Pendekatan mereka beda beda. Jadi kalau secara strategis punya policy, misal karyawan harus berasal dari lokal atau setara dalam gender, ada dari bisnis kami yg sudah lebih dulu punya, namun ada juga yang baru memulai. Kami berproses saling belajar untuk adopsi hal hal itu,” ujar Sara dalam acara Workshop Wartawan United Tractors 2023 akhir bulan Agustus 2023 lalu.

Dari sisi keberagaman agama dalam komposisi karyawan yang mayoritas muslim, selain muslim, 13% karyawan UNTR agamanya non-muslim. Dari sisi generasi, 73% karyawan UNTR adalah milenial, 2% adalah gen Z, dan sisanya adalah gen X dan Baby Boomer.

“Kalau ragam generasi, kami coba untuk keep up kebutuhan generasi muda dalam interaksi di lingkungan kerja. Kalau dulu kuat senioritas, tapi di sini kita beri panggung kesempatan untuk menjadi leader, tidak hanya lingkungan kerja, namun juga di lingkungan sosial,” tambahnya.

Kehadiran karyawati juga menjadi salah satu perhatian penting Perseroan. Kini, di level kepemimpinan UNTR telah ada satu wanita yang menduduki posisi presiden direktur di anak perusahaan.

Kemudian ada tiga eksekutif senior perempuan, sementara banyak juga yang menduduki level managerial. “Itu sudah kami siapkan program leadership untuk rekan wanita supaya mereka secara pekerjaan siap,” tambah Sara.

Sedangkan di sisi CSR, Perseroan sudah menetapkan arah fokusnya soal diversity, equity dan inclusion. Misal UNTR telah membina posyandu untuk ibu-ibu yang pada akhirnya akan mendorong domestik rumah tangga.

“Kita punya program Srikandi Lestari agar mereka memiliki pemberdayaan ekonomi. Uang untuk makanan bergizi ketimbang jajanan micin untuk anaknya. Kami mengisi room untuk berdayakan para ibu-ibu,” ungkap Sara Loebis.

Sementara mengenai pengembangan sumber daya manusia (SDM), UT memiliki Bina Generasi Muda Solution untuk pegawai baru sebagai jembatan, di mana dalam hal ini setiap karyawan baru dari berbagai latar belakang memiliki derajat yang sama dalam hal hak-hak sosial dan pengembangan karier.

“Ada teman teman latar belakang tertentu, kita langsung samakan derajatnya. Jadi nol dan starting point yang sama. Ini cara kita hilangkan citra baku, di UT dibentuk dengan mental insan PT United Tractor, Tbk alias UNTR,” terangnya.

Selain itu, UNTR juga sudah termasuk dalam Asosiasi Ramah Anak. Untuk program remaja, UNTR memiliki youth movement agar mereka memiliki pandangan dunia kerja yang positif. Sedangkan dari sisi olahraga, UT memilih catur khusus untuk atlet muda.

“UNTR dikenal alat berat mengandalkan otot, nah sekarang kita pilih olahraga otak. Misi kami ingin Indonesia memilki grand master baru, dan ini kami pupuk cukup lama dan sudah ada yang jadi grand master,” tutur Sara lagi.

Saat ini, UNTR juga sedang membina atlet disabilitas untuk bisa meraih prestasi di level nasional dan internasional.

BACA JUGA: majalah EKSEKUTIF edisi Agustus 2023 cetak, klik ini

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pasang Iklan? Chat Sekarang