Bermitra dengan Mastercard  – Ayoconnect Membangun Solusi Inovatif dalam Pembayaran Berbasis Rekening Bank dan Open Finance

EKSEKUTIF.com — Ayoconnect, platform Open Finance API terbesar di Asia Tenggara dan satu-satunya open finance berlisensi di Indonesia yang telah mendapatkan kategori izin 1 Penyedia Jasa Pembayaran Bank Indonesia, hari ini mengumumkan kemitraan strategis dengan Mastercard. Kemitraan ini bertujuan untuk memodernisasi pembayaran berbasis rekening bank dan bersama-sama menciptakan solusi open finance di Indonesia.

Solusi baru yang sedang dikembangkan oleh kedua perusahaan ini akan menawarkan konsumen pengalaman pembayaran yang mulus, sederhana dan aman saat checkout dari merchant, serta didebet langsung dari rekening bank pilihan konsumen. Solusi ini juga akan memungkinkan konsumen untuk mengelola pembayaran tagihan mereka dengan lebih efisien, dan memungkinkan para biller menerima pembayaran tepat waktu.

Menurut Mastercard New Payments Index 2022, konsumen di kawasan Asia Pasifik termasuk pengguna pembayaran digital paling antusias di dunia, dengan 69 persen dari mereka menambah penggunaan setidaknya satu metode pembayaran digital dalam setahun terakhir.

Riset terbaru dari Statista juga menunjukkan bahwa peningkatan transaksi pembayaran digital di Indonesia menggambarkan peningkatan literasi keuangan digital masyarakat. Riset tersebut juga memperkirakan jumlah pengguna pembayaran digital di Indonesia akan terus tumbuh, dengan e-commerce dan mobile payment meningkat masing-masing lebih dari 45 persen dan 18 persen dari tahun 2022 hingga 2027.

Seiring meningkatnya harapan konsumen untuk mendapatkan pengalaman pembayaran yang lebih baik, lanskap open banking yang berkembang pesat berpotensi menjadikan proses ini menjadi lebih sederhana dan lebih aman, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi dan inklusi keuangan, khususnya di Indonesia, di mana 51 persen populasinya belum tersentuh layanan perbankan.

Dengan open banking, masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan tersebut akan dapat mengakses berbagai produk keuangan, karena open banking mendorong terciptanya solusi alternatif dan inovatif yang lebih mudah diakses oleh konsumen.

Selain itu, para konsumen juga bisa memiliki akses penuh ke jejak finansial digital mereka, dan menggunakan data keuangan tersebut untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang keadaan finansial mereka secara keseluruhan, mulai dari tabungan dan deposito hingga kebiasaan belanja dan pembayaran bulanan seperti membayar tagihan langsung dari rekening bank mereka.

Selain memberikan pengalaman pembayaran yang lebih baik, solusi baru yang sedang dikembangkan oleh Ayoconnect dan Mastercard ini akan memberikan perlindungan pelanggan dan kemampuan penyelesaian masalah yang lebih baik, tidak seperti yang biasanya ada dalam pembayaran antar rekening.

Manfaat lain dari solusi ini adalah kemampuan biller untuk menghilangkan berbagai kendala pembayaran yang mungkin kembali terjadi, mengurangi kegagalan selama checkout, serta memastikan penagihan tepat waktu dengan menawarkan metode pembayaran yang lebih baik kepada konsumen mereka.

Kemitraan ini akan memanfaatkan konektivitas Ayoconnect ke API open banking dari bank-bank terbesar di Indonesia, serta kapabilitas keamanan terdepan Mastercard termasuk tokenisasi, kecerdasan dunia maya, dan teknologi anti-penipuan, untuk menawarkan pengalaman yang lebih efisien dengan keamanan transaksi yang lebih baik.

Peluncuran dan penerapan solusi baru ini akan dilakukan di tahun 2023 pada sejumlah merchant pilihan. Detail lebih lanjut tentang solusi ini akan diumumkan saat peluncuran.

Selain solusi pembayaran di atas, Ayoconnect dan Mastercard juga akan berkolaborasi dalam membangun solusi open finance yang dapat menghasilkan keputusan kredit yang lebih baik dan mendorong inklusi keuangan. Solusi ini akan menggabungkan kapabilitas Open Banking dan Data & Services Mastercard dengan konektivitas Ayoconnect yang kuat dengan berbagai lembaga keuangan dan wawasan dari data ekosistem pembayarannya.

Jakob Rost, CEO & Founder Ayoconnect, mengatakan, “Kunci untuk mempercepat ekosistem pembayaran Indonesia adalah kolaborasi antara semua sektor, industri, dan pemangku kepentingan. Open banking yang terdapat di dalam ekosistem open finance menciptakan peluang bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan pengalaman pelanggan mereka.”

“Mendapatkan kepercayaan dari Mastercard adalah wujud komitmen kami dalam membangun lapisan infrastruktur yang memungkinkan interoperabilitas ekosistem open finance untuk memberikan pengalaman pembayaran digital yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih aman. Selain itu, kolaborasi penting dalam ekosistem API seperti ini dapat mendorong inovasi dan mekanisme berbagi data yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ke depannya, API Ayoconnect akan terus memberdayakan pertumbuhan bisnis di Indonesia,”  jelas  Jakob, Selasa ( 31/01/2023).

Navin Jain, President Director, PT Mastercard Indonesia, mengatakan, “Kebutuhan konsumen di era digital saat ini berkembang dengan cepat, dan mereka menginginkan pengalaman yang lebih baik. Open banking menempatkan bisnis dan konsumen sebagai pusat di mana dan bagaimana data keuangan mereka digunakan, serta akses lebih lanjut ke layanan yang mereka inginkan dan butuhkan. “

“Kemitraan strategis dengan Ayoconnect ini memungkinkan Mastercard memberikan nilai lebih bagi para pemangku kepentingan di ekosistem ini, dan menjadi yang terdepan dalam inovasi dengan menghadirkan solusi ke pasar secara lebih cepat. Kolaborasi ini juga sejalan dengan prioritas Mastercard untuk menawarkan berbagai solusi pembayaran yang mudah diakses, aman dan nyaman, sekaligus mendukung pembangunan ekonomi Indonesia,”  tutur Navin.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.