Berkomitmen Dukung NLE: Pengurus DPP APBMI 2021 – 2026 Resmi Dikukuhkan

Seremonial Penyerahan Bendera DPP APBMI dari pengurus lama (Ketua Umum DPP APBMI Periode 2016 – 2021 H. Muhammad Fuadi) kepada H. Juswandi Kristanto (kiri) selaku Ketua Umum DPP APBMI terpilih Periode 2021-2026.

EKSEKUTIF.com – Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) hasil Musyawarah Nasional (Munas) VIII pada 26-27 Oktober 2021 lalu, hari ini (08/21) resmi dikukuhkan. Kepengurusan baru ini diharapkan bisa mendukung upaya pemerintah dalam memperbaiki daya saing logistik nasional melalui penerapan National Logistic Ecosystem (NLE), sekaligus sebagai kesiapan dalam memasuki era industri (Industri 4.0).

Acara pengukuhan Pengurus DPP Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) dilakukan secara offline atau langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) covid-19 yang dilakukan di Sari Pan Pacific Hotel, Jakarta. Pengukuhan ini merupakan tindaklanjut dari hasil Munas VIII DPP APBMI 2021 beberapa waktu lalu, yang mengamanatkan untuk menyusun kelengkapan kepengurusan serta pengukuhannya.

Para personil yang terpilih untuk duduk dalam kepengurusan ini berasal dari para pelaku usaha bongkar muat atau perusahaan bongkar muat (PBM) dari berbagai daerah. Mereka dipilih karena dinilai memiliki dedikasi dan komitmen tinggi untuk bersama memajukan organisasi dan juga para anggota dalam bingkai NKRI, terutama dalam upaya ikut memajukan perekonomian nasional.

Sebelum pengukuhan juga dilakukan acara seremonial penyerahan bendera pataka DPP APBMI dari pengurus lama (Ketua Umum DPP APBMI Periode 2016 – 2021 H. Muhammad Fuadi Fuadi) kepada H. Juswandi Kristanto selaku Ketua Umum DPP APBMI terpilih Periode 2021-2026. Setelah itu, dilakukan pengukuhan yang disaksikan oleh Staf Khusus Menteri Perhubungan, Mayjen TNI Buyung Lelana, mewakili Menteri Perhubungan RI, Ir. Budi Karya Sumadi, serta Staf Ahli Menteri Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Eko Prasetyanto Purnomo Putro.

Hadir juga dalam acara pengukuhan ini, di antaranya perwakilan dari  PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), Pengurus Kadin Indonesia (KADIN), dan perwakilan dari asosiasi pelaku usaha. Seperti Indonesian National Shipowners Association (INSA), Indonesia Shipping Agency Association (ISAA), Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI), Gabungan Perusahaan Eksportir Indonesia (GPEI), serta para sesepuh/tokoh Senior DPP APBMI.
Sebelum dikukuhkan, juga dilakukan pembacaan fakta integritas dan panandatanganan naskah oleh perwakilan pengurus terpilih yang disaksikan seluruh undangan dari instansi terkait, baik dari pusat maupun daerah. Dalam pernyataan fakta integras, pengurus di antaranya akan mengedepankan sistem kerja yang profesional guna mendukung kelancaran arus barang di pelabuhan serta mewujudkan efisiensi biaya logistik nasional.

Ketua Umum DPP APBMI Juswandi Kristanto dalam sambutannya menyatakan bahwa pengurus DPP APBMI akan konsisten untuk terus berupaya meningkatkan soliditas kepengurusan dan anggota serta meningkatkan daya saing dan performa PBM yang beroperasi di seluruh pelabuhan Indonesia sesuai dengan tren tuntutan layanan yang juga terus meningkat. Upaya ini dilakukan juga untuk mendukung pencapaian target peningkatan daya saing indeks logistik nasional melalui implementasi dan penguatan ekosistem logistic nasional.

Dalam kaitan ini, Juswandi Kristanto juga mengharapkan para pengurus DPP APBMI yang baru ini dapat bekerja maksimal dengan mengembangkan profesionalisme kerja, khususnya bagi PBM di Indonesia. Tak lupa ia juga mengucapkan salam hormat dan terima kasih kepada senior dan Pendiri DPP APBMI, serta para anggota PBM yang telah mempercayakan dan mengamanahkan tugas kepada dirinya untuk menahkodai DPP APBMI untuk lima tahun ke depan.

“Kami akan terus berupaya menjalin komunikasi dengan semua pihak, dan juga mohon dukungan dari pemerintah, Pelabuhan Indonesia dan seluruh pemangku kepentingan untuk meningatkan kinerja, terutama sistem layanan bongkar muat di pelabuhan yang dilakukan oleh para Perusahaan Bongkar Muat (PBM), baik untuk multipurpose maupun muatan peti kemas. Efisensi dan efektifitas bongkar muat di pelabuhan yang ditangani oleh PBM, juga memiliki peran penting dalam mendukung kelancaran arus perdagangan nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Perhubungan, Mayjen TNI Buyung Lelana mewakili Menhub dalam sambutannya menyatakan, dengan makin terbukanya persaingan pasar bebas, peluang maupun tantangan yang dihadapi Perusahaan Bongkar Muat (PBM) juga makin kompleks. Terlebih dalam memasuki era industri 4.0 yang sarat dengan tuntutan penguasaan dan penggunaan teknologi informasi demi terwujudnyha efisiensi dan kecepatan pelayanan. Termasuk tuntutan peningkatan produktifitas kerja dengan menggunakan alat bongkar muat yang lebih modern, dengan dukungan sistem IT dan digital technology.

Pengurus baru berfoto bersama usai dikukuhkan.

Mengantisipasi perubahan strategis di era industri keempat, Staf Khusus Menteri Perhubungan, Mayjen TNI Buyung Lelana juga mengharapkan peran aktif DPP APBMI untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi layanan bongkar muat daro para anggota di seluruh pelabuhan Indonesia, sekaligus untuk mendukung daya saing logistik nasional.

“Di tengah persaingan yang makin ketat, peningkatan skill dan penguasan teknologi informasi bagi SDM perusahaan bongkar muat sangat penting. Karena itu, kami meminta PBM bisa cepat mengantisipasi hal ini, agar makin berdaya saing dan lebih profesional. Terutama dalam mendukung terwujudnya efisiensi dan kelancaran arus barang dan kapal di pelabuhan yang memiliki peran penting untuk menekan biaya logistik nasional. PBM juga harus bertransformasi dengan mengimplementasikan teknologi digital, termasuk sistem online, seperti pengurusan dokumen,” harapnya.

Adapun Suasana Pengurus DPP APBMI Masa Bakti 2021-2026, yang dikukuhnya terdiri: Dewan Penasehat (H. Muhammad Fuadi, H. Putut Sutopo, Capt. Bobby R. Mamahit, Bay M. Hasani, serta Sahat Simatupang, SH., MH). Sedangkan Kepengurusan terdiri dari Pengurus Harian dan Sembilan Kepala Bidang. Ketua Umum H. Juswandi Kristanto, Sekretaris Umum: Capt. A.J.D Korompis, MM, MBA, MSC, Sekretaris: Arrayyan A. Chairan. Bendahara Umum: Cita Trinanda Sari, Bendahara: Resnawati Pardosi.

Kemudian terdapat empat (4) Wakil Ketua Umum (Waketum), di antaranya Waketum Bidang General Cargo, Curah Kering dan Curah Cair, Peti Kemas-Kody Lamahayu, Waketum Bidang Tarif, Hukum dan Advokasi : Dr. H. Muchsin Mansyur, S. Pel., SH., MH. Wakil Ketua Umum Bidang Kepelabuhanan TUKS dan TERSUS: Drs. Romulo Simangunsong TUKS dan TERSUS, Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi,: Oggy Hargiyanto. Selain itu sembilan (9) kepala bidang dengan anggota masing-masing.

Ketua Bidang Meliputi :

1. Ketua Bidang General Cargo : Salomo VC Nababan (DPW Sumatra Utara)
Wakil Ketua Bidang : Heri Siswanto (DPW Jawa Timur)
Anggota : – Delly Setiyono, S.Sos, MM. (DPW Jawa Tengah)
– H. Handy Merdiawan, SE, MM. (DPC Cilacap)
– Erauw Sondakh (DPW Sulawesi Utara)

2. Ketua Bidang Peti Kemas : H. A. Ogi Haris (DPW DKI Jakarta)
Wakil Ketua Bidang : A. Ichsan Iskak, ST (DPW DKI Jakarta)
Anggota : – Arfan Hani (DPW Gorontalo)
– Crimson Harry Sitanggang (DPC Balikpapan)

3. Ketua Bidang Curah Kering dan Curah Cair : Hj. Uzlah (DPW Kalimantan Selatan)
Wakil Ketua Bidang : H. Mohamad Nufel, ST. (DPW Kalimantan Selatan)
Anggota : – Theo Juang (DPW Sumatra Utara)
– M. Aslianto (DPW Jawa Tengah)
– Ipun Ismawan, S.Pd.T (DPC Tanjung Redeb, Berau)

4. Ketua Bidang Tarif : Sukardi (DPW DKI Jakarta)
Wakil Ketua Bidang : Ulil Amri (DPW DKI Jakarta)
Anggota : – Datu Manoppo (DPW Sulawesi Utara )
– Kodrat R. Yoga (DPW Kalimantan Selatan)
– Ricko Nosandry, SE (DPW Sumatra Selatan)

5. Ketua Bidang Hukum dan Advokasi : Dr. HC. Supriadi, SH.,MH.,Ph.D. (DPW Sulawesi Tenggara)
Wakil Ketua Bidang : Erik Mahendra Pratama, SH., MH. (DPW Kalimantan Barat)
Anggota : – Bujino A. Salan., SH., MH. (DPW Kalimantan Selatan)
– Suhaili Muchyar, SH (DPC Cirebon)

6. Ketua Bidang Kepelabuhanan : H. M. Tauhid, S.I.P. (DPW Sumatera Barat)
Wakil Ketua Bidang : Endang Miyansih, SE., MM. (DPW Jawa Timur)
Anggota : – Indra Guswadi (DPW Sumatera Barat)
– Edwin Wijaya (DPW Jawa Timur)

7. Ketua Bidang TUKS dan TERSUS : Alfian Tadjuddin, S.Sos (DPC Konawe Utara)
Wakil Ketua Bidang : H. Kasir Ibrahim (DPC Gresik)
Anggota : – Alawi Mahmud, SE., MM. (DPW Banten)
– M. Hamzah (DPW Kalimantan Timur)
– Muladis S.I.P (DPC Konawe Utara)

8. Ketua Bidang Organisasi : H. Zulkifli, SH (DPC Gresik)
Wakil Ketua Bidang : H. Tubagus Masduki (DPW Banten)
Anggota : – Ericson Siagian (DPW DKI Jakarta)
– M. Anwar Thaba (DPW Sulselbar)
– Amiruddin, A.Md (DPC Aceh Barat)

9. Ketua Bidang SDM dan DIKLAT : Capt. Suwondo (DPW DKI Jakarta)
Wakil Ketua Bidang : M. Ihsan Syafitri (DPW Jambi)
Anggota : – Eduard Sijabat (DPW DKI Jakarta)
– H. Jasril Tanjung (DPW Lampung).

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pasang Iklan? Chat Sekarang