Akamai Rayakan 20 Tahun Eksistensinya di Asia Pasifik

 

Akamai Technologies, perusahaan cloud yang mendukung dan melindungi kehidupan online, memperingati 20 tahun eksistensinya di Asia-Pasifik dan Jepang (APJ) dan optimistis memandang masa depan seiring dengan meningkatnya permintaan pelanggan terhadap komputasi cloud dan keamanan.

Perusahaan yang bertujuan untuk membuat hidup lebih baik bagi miliaran orang, miliaran kali sehari ini, juga merayakan hari jadinya yang ke-25 secara global. Membangun warisan panjang dalam content delivery dan keamanan, Akamai telah memperluas layanannya ke komputasi cloud pada tahun ini, menawarkan pelanggan layanan terpadu untuk pengalaman digital yang cepat, cerdas, dan aman.

Selama lima tahun terakhir, meskipun terjadi pandemi dan tekanan makroekonomi, Akamai mampu menghadapi situasi tersebut dan mencapai pertumbuhan di APJ yang signifikan. Perusahaan menargetkan kesuksesan yang berkelanjutan pada tahun-tahun mendatang, yang dipimpin oleh inovasi teknologi, program kemitraan yang kuat, akuisisi-akuisisi strategis, dan tim yang berkinerja tinggi.

Akamai memiliki lebih dari 2.000 pelanggan di kawasan ini termasuk Seven West Media, Tokopedia, Hotstar, DAZN Group, SBS, China Merchants Securities, Xero, The Pokémon Group, dan Mediacorp.

Akamai berperan penting dalam memungkinkan Tokopedia memberikan pengalaman berbelanja yang lancar kepada pelanggannya. Selain itu, Akamai telah memfasilitasi Hotstar untuk menghadirkan turnamen kriket terkemuka di India kepada lebih dari 10,3 juta pengguna secara bersamaan.

Teknologi Akamai juga melindungi bisnis di seluruh APJ dalam lanskap ancaman yang cepat berubah dan semakin intensif. Pada bulan Februari 2023, Akamai memitigasi serangan DDoS terbesar yang pernah diluncurkan terhadap pelanggan yang berbasis di APJ, dengan lalu lintas serangan mencapai puncaknya pada 900,1 gigabit per detik dan 158,2 juta paket per detik.

Akamai Connected Cloud menawarkan platform cloud paling terdistribusi di dunia, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan aplikasi modern yang memerlukan kinerja lebih tinggi, latensi lebih rendah, dan skalabilitas global sesungguhnya yang tidak dapat disediakan oleh arsitektur cloud yang ada.

Perusahaan terus berinvestasi dalam komputasi cloud-nya dengan lokasi-lokasi baru yang akan dibangun di Chennai, Osaka, Jakarta, dan Auckland untuk melengkapi fasilitas yang sudah ada di Singapura, Sydney, Tokyo, dan Mumbai. Hal ini menandai langkah besar pertama dalam upaya Akamai untuk menempatkan komputasi, penyimpanan, database, dan layanan lainnya dalam backbone yang sama, yang menjalankan jaringan edge-nya saat ini —yang tersebar secara masif di lebih dari 4.100 lokasi di lebih dari 130 negara.

Di seluruh wilayah, Akamai bekerja sama dengan 150 mitra yang berperan penting dalam keberhasilannya. Perusahaan ingin mengembangkan jaringan channel-nya di APJ, dengan meningkatkan penawaran yang dicari oleh sektor-sektor yang utama, seperti jasa keuangan, media dan hiburan, penyiaran, sektor publik, pendidikan tinggi, perhotelan, perjalanan, retail, penerbit game, dan start-up.

Pada tahun lalu, Akamai membentuk aliansi strategis dengan mitra terkenal Fujitsu (Australia) dan Wangsu (Tiongkok), dibangun pada kemitraan strategis yang sebelumnya sudah ada di kawasan ini, yang meliputi Telstra (Australia), NTT Ltd. (India), CTC (Jepang), dan Telin (Indonesia).

Perusahaan berhasil merespons permintaan pelanggan dan menawarkan kepada pelanggan rangkaian teknologi lengkap melalui akuisisi strategis di seluruh divisi komputasi cloud, keamanan, dan content delivery.

Langkah Akamai mengakuisisi StackPath baru-baru ini akan memperluas penawaran dan dukungan kepada pelanggan yang mencari solusi enterprise untuk kebutuhan content delivery, keamanan siber, dan komputasi cloud mereka.

Perjanjian definitif untuk mengakuisisi Neosec, sebuah platform deteksi dan respons API berdasarkan analisis data dan perilaku, melengkapi portofolio keamanan API Akamai dengan secara dramatis memperluas visibilitas perusahaan ke dalam lanskap ancaman API yang berkembang pesat.

Akuisisi penting lainnya termasuk perusahaan penyimpanan cloud Ondat, penyedia hosting cloud Linode, dan spesialis teknologi mikrosegmentasi Guardicore.

Akamai juga telah menciptakan lebih dari 3.200 lapangan kerja di 14 negara di APJ dan mengantisipasi peningkatan tenaga kerja secara menyeluruh untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus meningkat dalam komputasi cloud, keamanan, dan content delivery.

“Tujuan kami adalah memberdayakan bisnis agar dapat mengendalikan biaya mereka dengan lebih baik di area seperti cloud, serta membangun dan menerapkan solusi yang membantu mereka mencapai dan mempertahankan customer excellence guna mendorong pertumbuhan yang menguntungkan. Ketangkasan Akamai dalam menghadapi perubahan kondisi pasar merupakan bukti kemampuan kami untuk terus berinovasi dan tetap relevan dengan pelanggan,” ujar Parimal Pandya, Vice President, Sales and Managing Director, Akamai, Asia-Pasifik & Jepang, dalam kekerangannya , Selasa  ( 19/09/2023).

“Saat kami merayakan 20 tahun Akamai di APJ, kami bersemangat untuk menyambut era baru teknologi dan siap untuk memecahkan tantangan bisnis terbesar yang dihadapi pelanggan kami sehingga mereka dapat berhasil melewati hambatan ekonomi dan hambatan lainnya di masa depan,” jelas Parimal Pandya.

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pasang Iklan? Chat Sekarang