Tujuh Tips Menerapkan Netiket di Media Sosial

  • Bagikan
Gambar: https://aqi.co.id/

EKSEKUTIF.COM, JAKARTA Perubahan yang terjadi di era internet memerlukan adanya perubahan mindset masyarakat untuk menyambut sekaligus adaptif terhadap budaya digital. Selain itu, informasi yang semakin terbuka membuat setiap orang harus menyaring segala sesuatunya sebelum menyebarkan.

“Rajin adaptasi menambah skill baru sesuai kebutuhan industri era digital dan berfikir lebih kritis terhadap apa yang bisa dilakukan agar lebih produktif dengan adanya budaya digital baru tersebut,” kata Dee Rahma, seorang Digital Marketing Strategist saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, pada Rabu (15/9/2021).

Dia pun memberikan panduan netiket (network etiquette) yaitu etika komunikasi di ruang digital agar tercipta ruang digital sehat, antara lain:

  1. Bagikan ilmu dan keahlian di ruang digital, sehingga apa yang diunggah memberikan dampak positif.
  2. Berpikir dulu sebelum komentar, tidak memaki dan provokatif.
  3. Hormati waktu dan bandwith orang lain.
  4. Sampaikan fakta tanpa unsur SARA, kekeradan, maupun pornografi.
  5. Gunakan bahasa sopan dan tidak bertele-tele dengan memerhatikan penggunaan tanda baca.
  6. Jangan buru-buru share sebelum mengecek kebenaran informasi yang diperoleh.
  7. Kenali batas privasi diri dan hargai privasi orang lain.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Hadir pula nara sumber seperti Klemes Rahardja, Founder The Enterpreneur Society, Shandy Susanto, Dosen di Podomoro University, dan Asep H. Nugroho, Dosen Fakultas Teknik UNIS.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 228 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.