Potensi Media Sosial dengan 170 Juta Pengguna Aktifnya di Indonesia

  • Bagikan
Gambar: https://techno.okezone.com/

EKSEKUTIF.COM, JAKARTAPengguna aktif media sosial di Indonesia telah mencapai 61,8 %, setara dengan 170 juta penduduk dari 274,9 juta jiwa total populasi Indonesia pada Januari 2021.

Indonesia juga tercatat sebagai 10 besar negara yang kecanduan media sosial, dengan rata-rata durasi pemakaian 3 jam untuk bermain media sosial.

“Potensi di sini besar banget, kalau melihat sisi positif media sosial kita bisa memperoleh cuan,” kata Indra Brasco, seorang Dadpreneur saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat,  pada Selasa, (21/9/2021).

Lebih lanjut dia mengatakan, setiap orang bisa lebih fokus memanfaatkan media sosial, menjadikannya peluang dan bebas memilih yang pas.

Apakah untuk personal branding, memulai usaha, dan menggunakannya sebagai media promosi.

Personal branding sendiri harus melalui proses, untuk menarik persepsi masyarakat terkait aspek yang dimiliki seseorang seperti keahlian, prestasi, kepribadian, dengan tujuan menampilkan citra positif.

Personal branding akan meningkatkan kredibilitas, membantu memperluas koneksi, membuat seseorang jadi lebih menonjol dibanding kompetitor, jadi sarana menunjukan keahlian, dan membuat fokus pada tujuan,” kata Indra.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Hadir pula nara sumber seperti Nikita Dompas, seorang Producer & Music Director, Sali M, Sekretaris MGMP Matematika Mts Kabupaten Ciamis, dan Ardie Halim, Kaprodi Management Informatika Universitas Buddhi Dharma.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama.

Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 178 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.