Pelaku UMKM Berbagi Kiat Optimalisasi Penjualan Di Marketplace

oleh
Foto: https://www.tribunnews.com

JAKARTA,- Pandemi Covid-19 telah membuka kesempatan luas untuk melakukan transformasi digital secara besar-besaran. Saat ini pemerintah sedang mempercepat pembangunan infrastruktur digital, agar ekonomi digital terutama untuk UMKM bisa terus berkembang.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat peluncuran Gerakan Nasional Literasi Digital menghimbau kepada masyarakat luas agar bisa memanfaat keberadaan internet secara positif. Yakni dengan memaksimalkan penggunaanya secara cerdas dan produktif salah satunya lewat platform e-commerce.

“Internet harus mampu meningkatkan produktifitas masyarakat. Membuat UMKM naik kelas, perbanyak UMKM masuk platform e-commerce sehingga internet bisa memberi nikai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujar Joko Widodo.

Pemerintah saat ini sedang mempersiapkan masyarakat untuk makin cakap digital. Salah satunya melalui kegiatan webinar Literasi Digital serentak di seluruh kabupaten/kota yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Dalam webinar Literasi Digital untuk Kota Depok, Jawa Barat I, yang berlangsung pada Selasa (8/6/2021) hadir salah satunya nara sumber Ryan Juniardi yang merupakan CEO Digital Mulia dan Pelaku UMKM. Ryan pun berbagi wawasan baru tentang mengoptimalisasi penjualan bagi UMKM di marketplace.

Namun sebelumnya, dia mengemukakan gagasan perlunya UMKM masuk ke marketplace. Di mana marketplace punya kelebihan sebagai destinasi belanja atau diibaratkan pasar di era digital, tempat para pembeli mencari produk yang diinginkan.

“Sebanyak 130 juta orang per bulan masuk ke marketplace, itu semua market yang potensial. Jadi menurut saya ada satu kekhususan yaitu destinasi untuk belanja,”

Dengan masuk ke marketplace potensi jualan dari pemilik UMKM akan semakin besar. Apalagi menurut Ryan sekarang ini banyak sekali usaha dari pemilik platform marketplace untuk beriklan dan mempromosikan layanan mereka agar membuat orang mau belanja.

Setelelah bergabung di marketplace, ketahui potensi yang bisa didapat pelaku UMKM. Pilih juga marketplace yang terpercaya dan memiliki urutan teratas pengguna. Ada Shopee, Tokopedia, hingga Lazada dan Blibli.com yang punya karakter pasar pembeli tersendiri. Di sinilah pelaku UMKM harus bisa mengklasifikasikan target marketnya.

Selanjutnya langkah untuk mengoptimalisasikan penjualan di marketplace adalah dengan 5 langkah yaitu mempersiapkan produk, materi penjualan, pemasaran, operasional, hingga tahap membangun nilai produk. Semua tahapan itu akan membangun kepercayaan konsumen yang bisa memunculkan minat agar membeli kembali karena mendapat ulasan produk yang baik.

“Kalau tahu tahap jualan ini kita bisa memperbesar potensi jualan kita,” ujar Ryan lagi.

Webinar Literasi Digital wilayah Kota Depok, Jawa Barat I, kali ini menghadirkan pula nara sumber lainnya seperti Aribowo Sasmito dan Bentang Febrylian dari Masyarakat Anti Fitnah Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya digital skills, digital ethics, digital safety dan digital culture untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 681 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.