Kuasai Digital Skills untuk Peluang Bidang Pekerjaan Baru di Era Internet

  • Bagikan
Gambar: https://www.tycoonstory.com/

EKSEKUTIF.COM, JAKARTA, Pandemi Covid-19 membawa perubahan dalam segala aspek kehidupan di masyarakat. 

Antara lain bagaimana interaksi antar manusia berkomunikasi, bekerja, berkehidupan, berkarya, dan belajar yang dulu sifatnya konvensional, kini lebih efisien dengan adanya dukungan teknologi.

Dino Hamid, Ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia mengatakan sejak pandemi Covid-19, kehidupan manusia mengalami revolusi yaitu perubahan interaksi menjadi online dan menuju format hybrid.

Beberapa bidang pekerjaan yang sebelumnya tidak ada pun bermunculan. Sebut saja social media specialist, influencer, YouTuber, content creator yang sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir.

Selain itu bidang pekerjaan terkait kemampuan digital seperti editing video, desain graphic, content writer, sangat dibutuhkan.

Hal tersebut berkaitan dengan berkembangnya start up company, digital creator yang memerlukan tenaga kerja yang memiliki kemampuan digital tersebut.

“Masyarakat harus beradaptasi dengan beralih profesi maupun belajar hal baru terkait kemampuan digital yang harus dimiliki untuk dapat bertahan,” kata Dino Hamid, Ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Depok, Jawa Barat I, pada Rabu (6/10/2021).

Lebih lanjut dia mencontohkan bidang industri kreatif salah satunya musik dan pertunjukan yang dia geluti cukup terdampak dengan adanya Corona.

Apalagi bidang kreatif tersebut sebagian besar pendapatannya datang dari menggelar kegiatan konser atau acara pertunjukan secara live.

Konser yang  menjual interaksi langsung antara musisi bersama penonton dan interaksi antar penonton ini sejak pandemi sebagian besar menjadi terhenti.

Namun, dia mengatakan industri musik tetap bisa bertahan dengan adaptasi penggunaan digital skills. Salah satunya menyelenggarakan konser dengan format hybrid yang sempat sukses dia gelar.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Depok, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Hani Purnawanti, dari Relawan TIK, Mamad Hampudin, Kepala SMAN 9 Depok, dan Firmansyah, Waka Humas SMAN 9 Depok.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama.

Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 196 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.