Digital Skills Sebagai Investasi Masa Depan

  • Bagikan
Gambar: https://www.labana.id/

Pengguna internet di Indonesia kini sudah mencapai 202,6 juta jiwa, lonjakan terjadi sebagai dampak dari pandemi Covid-19 terhadap kebutuhan aktivitas digital. Perubahan itu meliputi hampir semua aspek kehidupan seperti sosial, ekonomi, politik, pendidikan, bahkan hiburan.

“Arus semakin deras, namun tidak terlihat jelas. Jika diam kita hanyut dan tak berdaya,” kata Mustafa Sind, Kreator Konten Frasa Media yang juga seorang Guru Bahasa Indonesia saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada Rabu (25/8/2021).

Dengan segala perubahan tersebut, digital skills menjadi sangat pending saat ini. Digital skills membuat seseorang menjadi berdaya, bahkn digital skills menjadi bentuk investasi diri untuk masa depan. Keterampilan digital sendiri merupakan kemampuan menggunakan teknologi dan informasi dari perangkat digital secara efektif dan efisien dalam berbagai konteks, seperti akademik, karier, dan kehidupan sehari-hari.

Dasar dari keterampilan digital pun bermacam-macam, mulai dari berkomunikasi dengan menggunakan perangkat, berpikir kritis saat menerima informasi, hingga kemampuan untuk bisa berkolaborasi.

Sementara digital skills yang berkaitan dengan profesi antara lain public speaking, desain grafis, fotografi, video editing hingga untuk tujuan marketing dan promosi.

Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Di webinar kali ini, hadir pula nara sumber seperti Cyntia Jasmine, Founder GIFU, Aam Siti Aminah, Ketua Forum TBM Jawa Barat, dan Martha Mariska, Digital Banking Legal Counsel DBS Indonesia.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 204 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.