Berbuka Puasa Dianjurkan dengan yang Manis, Mengapa?

  • Bagikan
Bagi Umat Muslim Berpuasa di Bulan Ramadan adalah wajib dan disunahkan untuk berbuka dengan yang manis, yang bisa diterapkan pada konsumsi buah-buahan seperti kurma dan aneka macam kudapan ringan.

Namun, apa sebenarnya alasan dibalik sunah tersebut jika dilihat dari sudut pandang kesehatan?

Menurut Dr. Kaseem Halmar dari University of Warwick, sebagaimana dikutip dari Nutrition.org.uk, selama hampir 14 jam menjalankan ibadah puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan dan sari makanan.

Hal tersebut mengakibatkan kadar gula dalam darah menurun, dan berisko membuat tubuh kekurangan sumber energi, di mana memicu kondisi lemas pada beberapa jam menjelang berbuka.

Sebagaimana diketahui, sumber energi pada tubuh manusia dihasilkan dari asupan karbohidrat yang diubah menjadi gula oleh insulin.

Oleh sebab itu, menurut Dr. Kaseem, berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang manis sangat dianjurkan, guna menyeimbangkan kembali kadar insulin, sehingga dapat melanjutkan produksi energi.

“Namun harus diingat bahwa tetap ada batasan untuk konsumsi makanan dan minuman yang manis, yaitu lima persen dari total jumlah asupan kalori,” ujar Dr Kaseem menjelaskan.

Selamat Berbuka!

 82 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *