Home
 
BERITA BISNIS

Share |
PRGC Implementasikan Platform 3DEXPERIENCE Dassault Systèmes di Proyek Kilang Minyak Bernilai €10 M di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api
Senin, 10 Juli 2017 , 11:44:00 WIB

PT Palembang GMA Refinery Consortium (PGRC) memilih platform 3DEXPERIENCE Dassault Systèmes untuk perencanaan dan manajemen pembangunan kilang virtual di fasilitas kilang, utilitas, dan tangki penyimpanan minyak mentah di Kasawan Ekonomi Khusus Tanjung Api-api, Palembang- Sumatra Selatan.

 

Keputusan PGRC memilih Platform 3DEXPERIENCE Dassault Systèmes dalam proyeknya tersebut, diketahui setelah PGRC menandatangani MOU bersama Dassault Systèmes di Jakarta, Jum at ( 7/07/2017).  Implemntasi Platform 3DEXPERIENCE yang bernilai  €10 M  tersebut digunakan di Proyek Kilang Minyak di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api

 

Acara penandatanganan MoU kedua perusahaan tersebut diadakan di Jakarta yang dihadiri oleh Wahyu Utomo, Wakil Menteri KPPIP untuk Koordinasi Percepatan Pengembangan Infrastruktur dan Regional, Enoh Suharto Pranoto- Sekretaris Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus, Charles-Henri Brosseau - Deputy Head of Mission, The Embassy of France in Jakarta, Naser Kamali Dolatabadi - First Conselor  The Embassy of Iran in Jakarta, Mohammad Rusydi, CEO PT PGRC dan  Masaki Konno, Asia Pacific South Managing Director Dassault Systèmes

 

PGRC sebagai perusahaan konsorsium Internasional yang membangun, mengembangkan, dan mengelola kilang minyak terintegrasi, dengan total kapasitas sebesar 300,000 bpd, komplek petrokimia dengan tangki penyimpanan strategis untuk cadangan minyak mentah sebesar 30 juta barel dengan standar Euro V. Dengan penerapan Platform tersebut PGRC menargetkan untuk meningkatkan kapasitas kilang minyak domestik dan industri petrokimia sehingga akan membuka lebih banyak peluang untuk pertumbuhan industri-industri hulu turunan,  khususnya di provinsi Sumatera Selatan.

 

Platform 3DEXPERIENCE akan menyediakan representasi virtual dari perencanaan dan pengelolaan kilang tersebut pada setiap fase pengilangan dari pabrik dan fasilitasnya. Platform bisnis unik ini memberikan kemampuan yang luar biasa untuk mendesain, melakukan simulasi dan mengoptimalkan aset yang sudah ada dan aset di masa yang akan datang di lingkungan virtual untuk transformasi digital.

 

 

Dengan Platform tersebut akan memberikan beberapa keuntungan  seperti : Menjadi Sumber utama data real-time dan model 3D berdasarkan pengalaman sebelumnya untuk kolaborasi yang lebih baik lagi; Membuat keputusan awal yang menciptakan peluang untuk mengoptimalkan biaya selama masa pengoprasian kilang; Mengeliminasi silo dan meningkatkan visibilitas untuk semua pemegang kepentingan didalam proyek; Mempersiapkan pekerja lapangan dengan lebih baik melalui simulasi virtual dan mengurangi risiko seraya meningkatkan keamanan; Menurunkan biaya dan mengurangi downtime dengan perencanaan produksi yang kuat dan fitur penjadwalan serta Menciptakan gambaran langsung secara real time dari keadaan kilang.

 

Keputusan PGRC memilih  paltform 3DEXPERIENCE dalam proyek kilang minyak tersebut, atas dasar kinerja dan pengalaman  Dassault Systèmes yang telah memiliki pengalaman luas dalam proyek 3D digital dan kesuksesan pelanggannya, mulai dari Airbus, BMW Group, Tesla Motors hingga ExxonMobil, Procter & Gamble, Samsung, dan masih banyak lagi.

 

PGRC yakin telah menemukan mitra strategis terbaiknya bersama Dassault Systèmes untuk memulai perjalanan milestone teknologi ini.  Menurut Setri Anno, Corporate Communication Manager PGRC mengatakan bahwa kolaborasi PGRC dengan Dassault Systèmes akan menambah kesuksesan proyek kilang yang bernilai €10,000,000,000 ini.

 

Semenetra itu, Masaki Konno, Managing Director Dassault Systemes AP South menambahkan bahwa Dassault Systèmes berkomitmen untuk menjadi kekuatan yang mendorong pengimplementasian proyek kilang PGRC, dan juga sebagai katalis untuk perusahaan-perusahaan yang ingin merangkul transformasi digital di Indonesia.

 

Kami sangat senang terpilih menjadi mitra teknologi strategis PGRC,  ujar Masaki Konno, dalam acara penandatangan MOU tersebut di Jakarta, Jum at ( 7/07/2017).

 

Sebagai perusahaan yang pertama kali mengimplementasikan platform 3DEXPERIENCE di proyek kilang minyaknya, PGRC sendairi dalam kaitan tersebut telah mendapat izin investasi dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dengan dukungan penuh dari Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus untuk beroperasi di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api. PGRC juga sudah menerima izin pengoperasian kilang minyak sementara dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

 

Target strategis utama PGRC pada tahun 2022 adalah untuk menjadi penyedia solusi di bidang energi untuk Indonesia dengan mengimplementasikan kinerja tinggi dalam keamanan, kesehatan, dan perlindungan lingkungan dengan baik, serta melibatkan pemegang kepentingan untuk meraih kesuksesan bisnis dalam jangka panjang.

 

 

Foto Lainnya:
 

Artikel Terkait


Comments

Eksekutif Terbaru

Majalah Eksekutif Terbaru
 

Baca juga: