Home
 
BERITA BISNIS

Share |
Exabytes Group Komit Bantu UKM Indonesia
Senin, 03 Juli 2017 , 16:17:00 WIB
Anggoro dan Indra menjelaskan PT Exabytes berhasil menjadi penyedia layanan web-hosting terbesar di Malaysia dan Singapura, Exabytes sukses bertransformasi menjadi sebuah perusahaan IT yang mengatur lebih dari 1.000 server untuk 75.000 klien di 121 negara.
  
MAJALAH EKSEKUTIF - Menyediakan pelayanan yang terbaik dan ramah, itu komitmen Exabytes. "Kami hadir dengan misi untuk membantu para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia dalam mengembangkan bisnisnya secara online dengan menyediakan berbagai kebutuhan website untuk toko ataupun usaha online," tutur Urip Indra Hartawan, Country Manager PT Exabytes Network Indonesia.

Sebagai penyedia layanan hosting untuk website dan eCommerce yang dibangun berdasarkan prinsip untuk menyajikan solusi hosting terbaik bagi para penggunanya. "Exabytes mendorong berbagai jenis usaha untuk beralih memasarkan dirinya secara online," sambung Anggoro Anindhito, Business Development Manager PT Exabytes Network Indonesia.

Baik Urip dan Anggoro menyebutkan cerita perjalanan Exabytes dimulai pada tahun 2001 ketika pendirinya yang kini menjabat sebagai CEO, Chan Kee Siak melihat potensi bisnis web hosting di Malaysia yang usianya saat itu masih 19 tahun. Berhasil menjadi penyedia layanan web-hosting terbesar di Malaysia dan Singapura, Exabytes sukses bertransformasi menjadi sebuah perusahaan IT yang mengatur lebih dari 1.000 server untuk 75.000 klien di 121 negara.

Sebagai Google Premier Partner dalam menawarkan layanan Google AdWords Advertising dengan target para UKM dalam rangka pemanfaatan berbagai perangkat online marketing mumpuni serta kecanggihan teknologi demi mengembangkan bisnis mereka. "Sejak diluncurkan Maret 2017 lalu, hingga sekarang sudah sekitar dua ribu lima ratus yang ikut program Grow," jelas Urip Indra.

Yang dimaksud Indra adalah program Grow untuk para pelaku UMKM/UKM, yang memberi gratis dan subsidi hosting plus email hostig selama setahun. Bagi UKM pemula diberi gratis nama domain sesuai pilihan mereka. Di tahun kedua, hanya Rp 480 ribu per tahun. "Kan, UKM untuk bisnis pemula, butuh branding. Nama domain dan email biar lebih profesional," jelas Urip Indra menjelaskan.

Jika tidak tertarik untuk memperpanjang di tahun ke dua, juga tidak apa-apa.Dukungan ini berawal dari kesadaran PT. Exabytes akan maraknya trend bisnis online melalui berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, maupun melalui berbagai platform penyedia layanan E-Commerce lainnya.

"Karena UKM Indonesia salah satu motor penggerak perekonomian Indonesia," jelas Anggoro tentang sektor ini yang menyumbang sekitar 60% dari PDB (Product Domestic Bruto) dan juga telah memberikan kesempatan kerja pada banyak masyarakat Indonesia.

Beralamat di Cyber 2 Tower, Lantai 30, JL. HR Rasuna Said X5 No. 13, Jakarta Selatan, 12950, perusahaan ini juga rutin melakukan kegiatan off air. Kopi darat Exabytes Designer Club juga akan diadakan rutin Indonesia Website Award.

Program Grow yang diberikan gratis ke UKM, menjadikan mereka memiliki domain pilihan dan lima kontak email. "Untuk saat ini, nama domainnya dengan buntut dotnet," jelas Anggoro Business Development.

Mendukung program pemerintah untuk industri kreatif, Exaytes tak semata jualan penyediaan web hosting yang kini menawarkan ragam layanan. Dengan infrastruktur dan suport tim, ada di data center, suport 24 jam. Bagi UKM dan members diberikan layanan workshop dua mingguan. "Bagi yang ingin sharing, networking dan belajar, kami fasilitasi," demikian Anggoro menjelaskan.

** Berita ini juga bisa dilihat di majalah eksekutif cetak edisi Juli 2017

Artikel Terkait


Comments

Eksekutif Terbaru

Majalah Eksekutif Terbaru
 

Baca juga: