Home
 
BERITA BISNIS

Share |
OLX Kembali Catat Rekor Baru Pengguna Aktif
Sabtu, 17 Juni 2017 , 15:20:00 WIB

Setelah mengubah tampilan baru pada aplikasinya sejak Februari 2017, jumlah pengguna OLX terus meningkat. Saat ini jumlah pengguna aktifnya mencapai 23 juta per bulan, atau meningkat 15% dibandingkan dengan tahun lalu, bahkan mencatat rekor baru pengguna dari aplikasi android hingga mencapai 1,1 juta per hari. Peningkatan ini juga berdampak signifikan terhadap pertumbuhan usaha iklan baris yang juga meningkat sekitar 15%.


Inovasi tampilan baru yang dilakukan OLX Indonesia, membuahkan hasil yang membanggakan bagi platform iklan baris online ini. Sejak OLX meluncurkan tampilan baru, Februari 2017, jumlah pengguna OLX terus meningkat. Saat ini terdapat 23 juta pengguna aktif setiap bulannya, dengan peningkatan sebesar 15% jika dibandingkan dengan tahun lalu.

"Peningkatan ini di antaranya didororng oleh para pengguna yang mengakses OLX melalui aplikasi Android yang mencapai rekor baru pengguna aplikasi ini yang mencapai 1,1 juta setiap hari, atau meningkat 10% dari rata-rata tahun 2016 lalu," ungkap Edward Kilian, Chief Marketing Officer, OLX Indonesia dalam paparan mengenai perkembangan bisnis OLX, pada  acara Media Gathering dan buka Puasa Bersama (16/6), malam di kantor OLX, Jakarta.

Ditambahkan, di antaranya pengguna, terdapat tren baru, dimana pengguna terhadapat kenaikan yang cukup menonjol dari pengguna kaum perempuan dan anak muda. Hal ini memang juga sejalan dengan target yang diinginkan OLX Indonesia yang dilakukan dengan mengubah tampilan baru OLX ini. OLX yang sejak awal konsisten mendorong adanya transaksi barang bekas, melihat hal ini sebagai sebuah kemajuan. "Masyarakat tampaknya sudah semakin banyak yang berpikiran terbuka dan mampu melihat nilai positif dan ekonomis dari barang bekas yang mereka miliki. Mereka menyadari, barang yang sudah tidak  terpakai, bisa diberdayakan lagi secara ekonomi," ujarnya.

Di tahun 2017, motor Honda, handphone Samsung dan iPhone menjadi barang-barang yang paling banyak dicari oleh pengguna, di platform OLX. Bahkan, kata kunci Honda muncul sebanyak 5,5 juta kali sepanjang 27 Mei – 13 Juni 2017. Sementara, Samsung muncul sebanyak 3,5 juta kali dan iPhone sebanyak 3 juta kali, pada periode yang sama.

Sementara itu, Chief Operation Officer (COO) OLX Indonesia, Doan Lingga mengatakan, dampak kenaikan jumlah pengguna ini juga berimbas pada peningakan usaha iklan baris yang rata-rata naik sekitar 15%. Bahan ada beberapa kategori produk yang kenaikannya di atas dua digit. Perubahan tampilan OLX ini, selain memberikan dampak positif pada kenaikan jumlah pengguna, juga berdampak terhadap pemasukan iklan baris yang rata-rata naik sekitar 15%. Bahkan ada beberapa kategori produk yang kenaikannya hingga di atas dua digit, ujarnya kepada wartawan dalam sesi wawancara khusus.

Pencapaian positif tersebut didukung oleh semakin populernya barang bekas sebagai alternatif pilihan oleh masyarakat. Di bulan Ramadan tahun ini, geliat aktivitas jual-beli di OLX juga sudah mulai terlihat pada H-30 sebelum Lebaran, yaitu sejak awal Bulan Ramadan. Terutama kategori fashion dan mobil. Sementara itu, pada Kategori Elektronik dan Gadget, geliat yang sama umumnya terlihat pada H-15 Lebaran.

Transaksi selama Ramadan ini, diprediksi akan melambat pada hari kelima jelang Lebaran. Namun demikian, data OLX mencatat bahwa khusus Kategori Lowongan dan Jasa, transaksi akan kembali meningkat dengan cepat, lima hari setelah Lebaran. Hal ini terjadi karena banyak orang yang mencari pekerjaan di sektor informal, seperti sopir, pembantu rumah tangga, atau pegawai toko.

Khusus di Bulan Ramadan, OLX menginisiasi gerakan #BekasJadiBerkah. Gerakan ini bertujuan menginspirasi Masyarakat Indonesia untuk mengubah sudut pandangnya terhadap barang bekas. OLX ingin masyarakat mulai menyadari nilai dari sebuah barang bekas, baik untuk dirinya ataupun orang lain. Melalui gerakan #BekasJadiBerkah, setiap orang punya kesempatan untuk berdonasi, tanpa harus mengganggu keuangannya. Cukup dengan memanfaatkan barang bekas yang mereka punya, mereka dapat berbuat baik kepada sesama.

Di tahun 2017 ini, gerakan #BekasJadiBerkah diawali dengan bersilaturahmi ke kantor-kantor, termasuk beberapa e-commerce seperti Go-Jek, Sale Stock, dan Blanja.com. Pada saat melakukan silaturahmi tersebut, OLX juga mengadakan kegiatan Garage Sale yang sebagian dari hasil penjualannya didonasikan melalui Dompet Dhuafa. (ACH)

Foto Lainnya:
 

Artikel Terkait


Comments

Eksekutif Terbaru

Majalah Eksekutif Terbaru
 

Baca juga: