Home
 
BERITA BISNIS

Share |
Omron Memimpin Modernisasi Industri Otomatisasi di Indonesia
Kamis, 15 Juni 2017 , 00:51:00 WIB
Industri di Indonesia sedang memasuki era otomatisasi baru di mana robot dan komputer tidak hanya mengerjakan serangkaian pekerjaan fisik rutin dengan lebih baik, cepat dan efisien namun juga semakin mumpuni dalam menyelesaikan pekerjaan yang memerlukan kemampuan kognitif. Teknologi sensing dan control memungkinkan tren otomatisasi terus berkembang dan Omron memimpin modernisasi industri otomatisasi di Indonesia.

Di Indonesia, Omron beroperasi melalui beberapa unit bisnis, yaitu PT Omron Manufacturing of Indonesia (berdiri tahun 1992), Omron Electronic Components (2000), PT Omron Electronics (2002) dan PT Omron Healthcare Indonesia (2012) serta Omron Automation Center (2016), dengan lebih dari 2.650 karyawan di seluruh Indonesia.

Irawan Santoso, President Director PT Omron Manufacturing Indonesia (OMI), mengatakan Omron optimis bahwa otomatisasi industri akan membawa kita pada momentum perubahan yang mengarah ke pabrik pintar. Industri manufaktur seperti sektor otomotif, makanan dan minuman serta produk konsumen lainnya, melakukan investasi yang besar untuk meningkatkan kapasitas produksi dan memenuhi permintaan pasar yang dipengaruhi oleh tingginya daya beli. Berkat portofolio produk sensing, control dan think Omron yang luas, kami berada dalam posisi strategis untuk mendukung industri di Indonesia merangkul revolusi industri selanjutnya.
 
Omron memiliki dan mengoperasikan pabrik seluas 20,000 meter persegi di East Jakarta Industrial Park (EJIP) Cikarang, Bekasi yang dilengkapi dengan lini produksi semi-otomatis dan otomatis yang memungkinkan perusahaan dapat melayani berbagai kebutuhan pelanggan secara lebih baik. OMI berencana meningkatkan kapasitas produksi hingga 325 juta komponen dan modul serta akan meningkatkan jumlah sumber daya manusia menjadi 3.500 karyawan hingga tahun 2020. Ujar Irawan di Fairmont hotel Jakarta (13/06/17)
 
saat ini OMI memiliki lebih dari 100 karyawan penyandang disabilitas untuk menyediakan kesempatan bekerja yang sama bagi semua orang. Perusahaan juga mengadopsi Program Gerakan Karyawan Wanita Sehat & Produktif demi meningkatkan lingkungan kerja untuk pemberdayaan karyawan-karyawan wanita, di mana hasilnya menunjukkan salah satu dari tiga tampuk kepemimpinan operasional di OMI saat ini dipegang oleh seorang wanita.

Dengan beragam fasilitas olahraga dan rekreasi ringan yang tersedia di dalam pabrik, OMI memicu kreativitas para karyawannya dalam bekerja di departemen mereka masing-masing.

Seiring dengan semakin tingginya tekanan yang dialami sektor manufaktur untuk memangkas biaya,mempersingkat siklus pasokan dan melakukan efisiensi operasional menyeluruh, manufaktur di berbagai sektor tetap berusaha meningkatkan produktivitas. Penerapan otomatisasi industri yang terus meningkat menjadi salah satu solusi

Kemajuan yang sedang bergulir dalam otomatisasi industri saat ini adalah tersedianya mesin dan proses yang sepenuhnya terdigitalisasi dan saling terhubung, dilengkapi dengan begitu banyak sensor dan perangkat lunak yang canggih. Kemajuan ini memberikan kecerdasan kepada mesin-mesin sehingga dapat beroperasi secara otomatis, dan yang lebih penting dapat saling berinteraksi satu sama lain dengan dinamis. (*)


Foto Lainnya:
 

Comments

Eksekutif Terbaru

Majalah Eksekutif Terbaru
 

Baca juga: