Home
 
WAWANCARA

Share |
Inovasi Media Cetak Kian Advance
Selasa, 25 April 2017 , 13:03:00 WIB
"Modal utama yang digunakan media konvensional untuk menarik perhatian adalah kredibilitas, kepercayaan dari informasi yang disajikan," ujar Edi Winarto, pengamat media.
  
MAJALAH EKSEKUTIF. Semula, media konvensional merasa gentar dengan munculnya media online. Mereka menawarkan kecepatan dan murah bahkan gratis dalam menyampaikan informasi.

Para pengamat media memantau dan memberi pencerahan. Harus diakui, munculnya media online menggerogoti penerimaan iklan media konvensional, sehingga banyak media cetak yang tutup atau merger, atau hijrah menjadi media online.

Yang dimaksud dengan media konvensional, menurut pengamat media seperti Muhammad Ridlo Eisy adalah media cetak (surat kabar, majalah) dan media elektronik (radio dau televisi). Masa banjir informasi via online akan terus berlanjut.

"Modal utama yang digunakan media konvensional untuk menarik perhatian adalah kredibilitas, kepercayaan dari informasi yang disajikan," ujar Edi Winarto, pengamat media yang juga sebagai Sekjen Asosiasi Media Digital Indonesia.

Edi Winarto mengatakan, wartawan media konvesional terlatih dan taat kepada etika jurnalisme, yaitu menyajikan berita yang faktual dan telah terverifikasi dengan baik. Di tengah media konvensional berupaya memikat audience yang tepat, juga mencari berbagai bentuk inovasi agar khalayak tetap setia kepadanya.

"Kami memberi literasi juga kepada media online untuk mendapatkan informasi ke media online. Bahwa media digital dan online di bawah asosiasi media digital prinsip dasarnya tetaplah sama, yaitu kredibilitas," ujar Edi Winarto.

Pria yang juga menjadi Sekjen di Forum Pimpinan Media Digital sedang keliling Indonesia menjadi pembicara, menyebut terpaan digital membuat banyak media massa melakukan inovasi produk tiada henti. "Integrasi antara media cetak dengan versi digital, dikombinasikan dengan strategi pemasaran yang kian advance," jelasnya tentang segmen demografi dan psikografi.
     




Artikel Terkait


Comments

Eksekutif Terbaru

Majalah Eksekutif Terbaru
 

Baca juga: